18 Kamis, 17 Desember 2015 | 01:28:16

Tips Jitu Terhindar dari Developer Nakal

tips-jitu-terhindar-dari-developer-nakalUrban

Properti memang masih menjadi incaran untuk para investor dan juga konsumen pemakai (pembeli pribadi) Namun, sebagai konsumen harus pintar-pintar melihat properti yang akan atau sudah kita beli, apakah sudah sesuai dan sama dengan brosur yang mereka kasih dan juga dari penjelasan yang mereka utarakan ke Anda.

Banyak para pengembang yang sering sekali merubah bahan material ataupun bahan untuk interior desai dari properti yang sudah dibeli oleh konsumen, hal ini bisa terjadi dikarenakan tidak adanya pengawasan yang dilakukan pihak pembeli. Kepercayaan mereka terhadap Developer menjadi salah satu faktor yang membuat developer nakal bertindak semaunya dengan memberikan atau membangun properti yang tidak sesuai seperti pada brosur yang mereka buat.

Patut saja konsumen naik darah dan emosi ketika tahu rumah yang sudah dibelinya jauh sekali dari spesifikasi yang ada pada brosur yang ditawarkan oleh pengembang.

Misalnya saja pintu rumah yang digunakan bukanlah dari kayu jati atau kamper, melainkan dari kayu murah yang mudah termakan oleh rayap dan juga cepat rusak jika terlalu sering kena air dan juga panas, untuk keramik lantai menggunakan keramik yang murah sehingga mudah retak dan pecah. Hal yang paling membuat kesal adalah rumah yang baru saja dibeli jika hujan bocor. Yang lebih membuat kesal apabila kita complain kepada pengembang, mereka hanya mengiyakan saja tanpa ada reaksi atau pembetulan terhadap rumah yang sudah kita beli. Tidak sedikit pula yang mendapat perlakuan seperti diatas, dan bertemu dengan pengembang nakal yang sangat merugikan pihak pembeli.

Seharusnya sebagai pengembang yang baik tugas mereka adalah membangun properti yang akan dijual sesuai dengan konsep yang mereka tawarkan hingga selesai pembanguannya dan juga samapai kepada bahan materia yang dipilihnya.

Adapun tips untuk terhindar dari Developernakal yaitu:

Fasilitas Umum

Adanya fasilitas umum menambah nilai plus bagi pengembang properti, karena biasanya pengembang yang baik dan benar mereka akan memikirkan untuk membuat fasilitas umum didalam perumahan atau komplek yang akan mereka bangun dan ditawarkan nantinya. Seperti, taman, area parker, rumah ibadah, dan lain sebagainya

Pengembang properti yang baik akan memberikan fasilitas umum di dalam areal perumahan seperti taman bermain, areal parkir, rumah ibadah, jogging track dan lain-lain.

Penghijauan

Sebagai pengembang yang baik, mereka pastinya akan pedulu terhadap lingkungan di sekitar area atau kawasan yang akan mereka bangun. Hal dapat di lihat dengan adanya penghijaun atau tanaman yang di tanam disekitar kawasan properti yang mereka bangun.

Ada Desain Rumahnya

Pengembang yang benar-benar siap untuk memasarkan properti mereka kepada konsumen, tentunya akan punya desai atau gambar rumah atau properti yang akan mereka bangun. Jangan sekali-kali percaya kepada pengembang yang tidak bisa menunjukkan contoh atau desai rumah yang ditawarkan.

Sebaiknya belilah rumah yang tidak inden atau ready stock, karena akan terhindar dari penipuan atau permainan dari si pengembang. Namun jika belum ada dan mengharuskan inden, sebaiknya pastikan terlebih dahulu berapa lama untuk proses pembangunannya jangan samapi lama dan tidak ada progress pembangunan ataupun tahapannya.

Jangan Tergiur Dengan Hadiah

Banyak cara yang dapat di lakukan Developer perumahan untuk menarik minat konsumen agar mau membeli rumah yang mereka tawarkan, dengan cara memberi hadiah  yang berupa mobil, motor, AC, bahkan handphone tanpa di undi.

Ini salah satu cara Developer untuk menarik minat konsumen agar segera membeli properti merka. Alangkah baiknya yakinkan dan pastikan bahwa mereka membuat rumah yang anda beli sesuai dengan spesifikasi pada brosur.

Koordinasi dan Manajemennya Jelas

Perhatikan juga untuk manajemen dan koordinasi pengembangnya. Hal ini agar terhindar dari adanya penipuan yang dilakukan pengembang. Karena banyak kasus yang sering terjadi dimana pihak agen menunjukkan lokasi bagus untuk calon konsumen, namun pada waktu si calon pembeli deal, pihak pengembang justru malah memberikan lokasi lain dengan alasan lokasi yag diinginkan sudah dibeli lewat agen pengembang lain.

Pastikan Janji Pengembang Soal Lokasi

Kebanyakan pengembang senang memberikan janji palsu untuk meyakinkan calon konsumen, mulai dari lokasi yang strategis, cara pengajuannya cepat, harga kompetitif dan lainnya. Dan hal itu harus bisa dibuktikan dengan terealisasi semuanya.

Dipercaya Bank

Kepercayaan Bank terhadap Developer atau pengembang properti akan sangat berpengaruh sekali terhadap penjualan properti mereka, alasannya dengan adanya kepercayaan yang diberikan kepada pihak pengembang maka akan sangat menguatkan niat konsumen untuk membeli properti dari pengembang itu sendiri. Bila pengembang properti itu baik, maka dia akan menjalin kerjasama dengan banyak bank pemberi kapasitas KPR. Kemudian anda dapat menghitung suku bunga bank mana yang lebih terjangkau dan rate nya rendah.

Pilihlah Developer Yang Profesional

Setiap Developer yang memiliki rating bagus dalam memasarkan dan mengembangkan properti yang mereka tawarkan, sudahpasti memiliki izin usaha memmbangun dan juga pengamalan yang cukup dalam pengelolaan pengembangan properti. Lakukan penelitian terhadap pengembang yang propertinya ingin anda beli, agar dengan mudah membantu anda dalam memastikan pengembang ini memang baik dan bagus serta tidak diragukan lagi untuk kinerjanya. Disitulah anad akan terhindar dari yang namanya penipuan.

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi