385 Jum'at, 02 Oktober 2015 | 10:41:32

Tips Tentukan Harga Sewa Properti

tips-tentukan-harga-sewa-propertirumahpapi

Sebagai salah satu pemilik properti yang disewakan ataupun di kontrakkan harga sewa menjadi faktor utama untuk menentukan berapa pemilik harus menyewakan propertinya tersebut kepada orang lain.

Penentuan harga sewa yang tepat seperti halnya sama dengan menemukan penyewa yang tepat. Akan tetapi, ada petunjuk ukuran yang bisa diikuti untuk dapat membantu dalam proses menentukan harga sewa sebuah properti. Adapun tips nya yaitu:

Melihat Harga Sewaan Properti yang Serupa

Untuk melihat harga properti yang serupa dengan properti yang Anda punya ada baiknya Anda melakukan pengecekan untuk harga sewa properti yang serupa. Usahakan untuk bisa dapat beberapa unit harga properti, hal ini akan memudahkan Anda untuk memberikan harga sewa yang kisaran harganya masuk akal dan benar-benar sesuai untuk properti yang Anda ingin sewakan.

Perhitungkan biaya Anda

Anda harus memperhitungkan biaya yang sudah di keluarkan untuk memperbaiki dan merenovasi properti Anda sebelum Anda menyewakan kepada penyewa, masukkan hal diatas sebagai salah satu penentu untuk mendapatkan nominal harga sewa properti Anda. Untuk biaya tersebut meliputi biaya perbaikan plafon, biaya pengecatan, perbaikan interior, dan yang lainnya.

Buat catatan fasilitas yang terdapat di properti Anda

Adanya catatan mengenai apa saja fasilitas yang ada di properti Anda memudahkan Anda untuk mengetahui apa yang akan ditawarkan kepada penyewa, dengan cara seperti itu maka Anda dapat mentaksir harga sewa yang sesuai dengan adanya beberapa fasilitas tersebut. Fasilitas tersebut misalnya saja, lemari dapur, alat-alat elektronik, system penghangat air, pendingin ruangan, dan lain-lain.

Kondisi lingkungan sekitar

Pertimbangkan juga untuk pro dan kontra dari lingkungan tempat tinggal Anda. Apabila properti Anda berada di dekat fasilitas umum seperti terminal atau pusat transportasi, Anda dapat memasukkan faktor ini dalam menentukan harga sewa properti anda.

Untuk selanjutnya perlu juga dipertimbangkan hal-hal kecil, misalnya masalah jalan raya yang terlalu bising, serta bagaimanan sikap para tetangga ramah atau tidaknya kepada penyewa. Hal itu yang pastinya akan ditanyakan oleh penyewa sebagai bahan pertimbangan untuk menyewa properti Anda.

Mengetahui Hasil Perbandingan Pasar

Hal ini menjadi salah satu layanan gratis yang disediakan oleh pengembang real estate sebagai nilai plus dan nilai jual mereka, sehingga Anda sebagai pemilik properti dapat dengan langsung meminta mereka untuk melakukannya.

Layanan ini nantinya akan membantu Anda memberitahu nilai properti yang Anda miliki serta dapat memberikan masukan kepada anda dalam menentukan harga sewa.

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi