453 Kamis, 02 Juli 2015 | 03:43:01

Cari Ruko Untuk Investasi, Ini Tipsnya

cari-ruko-untuk-investasi-ini-tipsnyaharvestcity

Ruko kini semakin banyak diminati masyarakat dalam segi investasi, bagi untuk toko, perkantoran, sekertariat, dan lain-lain. Pertumbuhannya pun mulai banyak di kota-kota di hapir setiap kota besar di Indonesia.

Kawasan ruko-ruko kini mulai menjamur akibat dari pertumbuhan usaha di daerah di Indonesia yang kian pesat. Dalam waktu tiga sampai empat tahun belakangan ini kawasan ruko selalu tersewa atau terjual habis, dari lingkungan sekitar kampus, maupun disekitar perumahan.

Berikut tips memilih ruko yang dapat membantu anda dalam menentukan pilihan lokasi dan harga.

1. Perhatikan tujuan anda membeli ruko

Faktor yang paling awal menjadi pertimbangkan adalah tujuan anda untuk membeli ruko. Untuk keinginan investasi, untuk digunakan sebagai tempat usaha, atau sebagai tempat mendapatkan keuntungan saja. Dari tujuan anda tersebut akan dapat menjadi pertimbangan lokasi ruko yang akan dipilih.

 

2. Perhatikan bisnis atau usaha yang sedang anda kerjakan, sesuaikan dengan lokasi Ruko yang akan anda beli.

Jika tujuan anda untuk membeli ruko sebagai tempat usaha, perhatikan lokasi yang anda pilih apa benar2 cocok untuk usaha yang anda jalankan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pangsa pasar, operasional, dan regulasi atas bisnis apa yang anda jalankan.

Jangan sampai ketika anda sudah beli ruko ternyata usaha anda tidak bisa dibuka karena terbentur masalah ijin usaha tidak bisa untuk di lokasi tersebut.

 

3. Tentukan bagaimana sistem pembayaran anda

Membeli Ruko Cash atau menggunakan KPR. Tentunya ini juga bisa dijadikan pertimbangan. Perhatikan Cash Flow bisnis anda, apakah memang mampu untuk digunakan membayar cicilan atau angsurannya. Beberapa Developer bisa memberikan discount harga yang signifikan apabila anda membayar dengan sistem cash / cash bertahap. Diskon maksimal ini biasanya diberikan pada saat-saat awal dibangun.

 

4. Pastikan anda mengetahui struktur fondasi atau bangunannya.

Ruko (RumahToko) biasanya dibangun di sebuah kompleks. Sehingga kekuatan bangunan akan dibebankan secara merata kepada semua unit. Pastikan struktur fondasi yang dibangun memang sudah kuat untuk menopang seluruh beban unit ruko tersebut.

Jika memang tujuan anda membeli ruko untuk tempat usaha, membeli ruko pada saat ruko sudah jadi lebih disarankan. Karena anda bisa menilai kualitas kekuatan bangunannya. Memang biasanya jika membeli ruko pada saat sudah jadi, pihak developer tidak lagi memberikan diskon harga. Namun ini lebih disarankan untuk anda yang membeli ruko yang akan digunakan untuk usaha sendiri.


Sumber : OkeZone

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi