268 Jum'at, 24 April 2015 | 11:14:06

Waspada Penipuan Real Estate Online

waspada-penipuan-real-estate-onlineciputraentrepreneurship

Saat ini banyak sekali kita jumpai listing-listing properti. Dan hampir rata-rata listring properti yang ada di media Online terlihat terlalu bagus dari kenyataannya baik dari sisi lokasinya, foto-fotonya serta harga yang ditawarkan pun sesuai dengan dana yang Anda anggarkan. Anda pasti akan mudah tertarik karena semuanya telah masuk dalam kreateria Anda dalam mencari rumah kemudian Anda menghubungi agen properti dan tentunya Anda akan mendapat respon dengan cepat. Parahnya agen tersebut akan mengatakan bahwa pemilik rumah tersebut sedang berada diluarkota sehingga tidak bisa menunjukkan rumahnya tetapi apabila Anda mentransfer sejumlah uang sebagai deposit maka secepatnya rumah tersebut akan menjadi milik Anda.

Mungkin untuk Anda yang pernah mengalami bahkan mencoba menyewa properti secara online skenario seperti ini sangat familiar terdengar. Dengan kecanggihan teknologi saat ini membuat para pencari properti dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam mencari hunian. Bukan hanya itu dengan kecanggihan ini juga membuat para penipu mudah dalam mencari mangsa baik dari calon pembeli ataupun dari penyewa.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan transaksi properti secara online antaralain :

1.  Berupaya untuk melihat langsung properti yang ditawarkan sebelum dilakukannya sebuah transaksi

2.  Jangan melakukan pembayaran dimuka ataupun menandatangani surat kontrak atau bentuk surat apapun sebelum Anda memeriksa kebenaran properti tersebut.

3.  Pastikan listing yang Anda lihat di internet adalah asli yaitu dengan cara menemui langsung agennya itu adalah hal yang terbaik untuk memastikan keaslian listingan tersebut.

4.  Jangan lupa untuk memeriksa identitas orang yang berhubungan dengan Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa orang yang Anda jumpai adalah benar berasal dari agen properti asli. Untuk mengecek melalui media internet Anda dapat mencari alamat agen properti tersebut , alamat properti yang ditawarkan atau bahkan email dari kantor agen properti tersebut.

5.  Sebaiknya Anda jangan terpengaruh dengan listing properti yang telah diposting beberapa kali karena bisa jadi agen tersebut mengkopi  dari listingan asli yang sudah ada. Oleh karena itu waspadalah dengan listingan duplikat yang menawarkan dengan harga yang berbeda-beda.

6.  Jangan sekali-kali Anda memberikan informasi ataupun memberikan dokumen pribadi Anda kepada agen atau mencantumkan secara detail mengenai identifikasi personal Anda di internet  dan jangan memberikan verifikasi kredit Anda kepada siapapun.

7.  Berhati-hatilah apabila ada suatu transaksi yang terlalu bagus untuk diujudkan dalam sebuah kenyataan. Karena hal ini bisa jadi sebuah bentuk penipuan. Oleh karena itu tetap waspada dan jangan mudah tergiur atas semua listing online yang menawarkan  sebuah properti menarik dengan harga ynag sangat murah di daerah tertentu.

8.  Laporkan apabila terjadi penipuan yaitu dengan cara langsung menghubungi pihak yang berwenang.

Untuk menghindari adanya penipuan dalam hal ini dibutuhkan kecermatan Anda didalam pencarian properti terhadap listing yang dikeluarkan oleh agensi real estate dan fokuslah pada website iklan properti yang terpercaya.

Sumber: beritasatu

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi