780 Rabu, 18 Maret 2015 | 04:41:33

Aturan Main yang Harus Dilakukan Bagi Pengusaha Kontrakan

aturan-main-yang-harus-dilakukan-bagi-pengusaha-kontrakanIlustrasi

Berencana untuk menyewakan properti anda kepada orang lain? Sebelumnya anda harus memperhatikan perjanjian hukum dalam sewa menyewa.

Peraturan pemerintah yang mengatur hal tersebut tertuang pada PP No 44/1994 yang mana berisi tentang “penghunian rumah oleh bukan pemilik dengan cara sewa menyewa hanya sah apabila ada persetujuan atau izin dari pemilik.

Maksud dari peraturan tersebut adalah, bahwa persetujuan atau izin tersebut bisa dalam bentuk perjanjian tertulis. Ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan dalam perjanjian sewa menyewa yaitu, hak dan kewajiban, jangka waktu sewa, dan besarnya harga sewa.

Aturan main yang harus anda lakukan dalam sewa menyewa adalah :

  1. Jangka waktu sewa, ketika waktu sewa berakhir maka perjanjian pun ikut berakhir juga. Jika penyewa tidak mau memperpanjang sewa pada properti anda, maka dia harus segera meninggalkan tempat yang anda sewakan tersebut dan mengembalikan rumah beserta apa saja yang anda sewakan dengan baik. Waktu sewa dapat anda tentukan sendiri, ada yang bulanan, maupun tahunan. Semua tergantung dari kesepakatan bersama.
  2. Harga sewa, dalam menentukan hal ini anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Karena jika anda tidak melakukan hal tersebut kemungkinan anda rugi semakin besar. Tanpa adanya survey harga disekitar lokasi anda, bisa jadi rumah yang anda sewakan dibawah standar atau jauh diatas standar didaerah tempat anda menyewakan rumah.
  3. Pengembalian uang sewa, dalam hal ini penyewa tidak bisa mengambil kembali uang sewa yang telah diberikan kepada pemberi sewa, kecuali jika pemilik rumah membuat kerugian terhadap penyewa.
  4. Aturan lain bagi penyewa, aturan ini adalah penyewa harus mematuhi peraturan yang ada didalam PP No 44/1994 yang diantaranya adalah : penyewa tidak boleh menyewakan kembali properti yang disewa olehnya tanpa izin tertulis dari anda, penyewa dilarang mengubah bentuk bangunan tanpa izin, dan penyewa wajib mengembalikan semua yang ada dirumah sewa setelah masa kontrak selesai.

Demikianlah aturan main yang harus anda lakukan ketika anda memutuskan untuk menyewakan properti anda. Jangan sampai investasi anda tersebut malah merugikan diri anda sendiri karena anda tidak mengetahui aturan mainnya.

 

 

Sumber : Kompas  

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi