1608 Sabtu, 11 Oktober 2014 | 03:17:00

Sukses Bisnis Kos-kosan dengan Tips Berikut

sukses-bisnis-kos-kosan-dengan-tips-berikutkaskus

Usaha kos-kosan terlihat stabil di Indonesia, terutama pada kota-kota besar seperti Yogyakarta, Bandung dan Jakarta tentunya, serta kota-kota besar lainnya. Hal tersebut disebabkan tingginya arus masuk penduduk ke kota besar sangat besar, berarti permintaan sektor hunian dikota besar otomatis juga meningkat, sementara penawaran akan hunian terus menurun dikarenakan faktor mahalnya harga tanah serta rumah di kota besar. Oleh karena itu, usaha kos-kosan merupakan bisnis yang menjanjikan untuk digeluti.


Dalam memulai usaha tersebut ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan demi mecapai kesuksesan.

1.    Lokasi
Ini tergantung dengan pasar yang anda targetkan. Jika anda mengincar pelajar atau mahsiswa, maka sebaiknya pilih lokasi yang berdekatan dengan lingkungan pendidikan, namun jika anda berminat dengan karyawan, maka pilihlah lokasi yang berdekatan dengan perkantoran atau tempat industri.

2.    Aman, Nyaman dan Bersih
Ketiga hal tersebut merupakan faktor utama agar anda sukses dalam persaingan. Mungkin, disekitar lokasi kos kepunyaan anda sudah banyak terdapat bisnis serupa, namun kenyamanan, keamanan serta kebersihan dapat menjadi faktor pembeda dan penentu juga nilai plus bagi usaha anda.

3.    Harga
Menentukan tarif gampang-gampang sulit, tergantung dengan kota dimana usaha anda berada, fasilitas apa yang dimiliki serta lokasi yang strategis, umumnya makin dekat dengan kantor atau kampus maka akan semakin tinggi harga sewanya. Jika biaya hidup di kota terbilang murah, biasanya harga kos juga rendah.

4.    Layana ekstra
Jika penghuni kos anda ialah karyawan, anda perlu menyediakan tenaga laundry dan room service, sebab umumnya penghuni tidak sempat melakukan pekerjaan tersebut karena telah lelah dengan aktifitas mereka di kantor. Bagi mahasisiwa anda dapat menyediakan layanan internet gratis (wi-fi) agar dapat mereka pergunakan dalam mendukung kegiatan pendidikannya.

5.    Akses & Sarana
Perhatikan akses yang ada di sekitar kos-kosan apakah mudah dijangkau? Apakah ada kendaraan umum yang melintasi depan tempat kos? Apakah motor atau mobil dapat melintas ke lokasi kos? Apakah tersedia lahan parkir yang cukup? Hal-hal tersebut diatas merupakan faktor utama yang mendukung nilai kosan.
Fasilitas standar adalah ranjang tidur serta kasur dan lemari, jika mahasiswa sertakan juga meja belajar, namun jika karyawan dan kota anda bersuhu panda maka sediakan juga penyejuk ruangan atau AC. Tidak lupa kamar mandi yang berada di dalam, sebab mereka butuh tempat yang nyaman untuk melakukan aktifitas bersih-bersih selain ruang istirahat yang nyaman.

Selesai dengan langkah di atas dan anda telah menguasainya, sebaiknya perhatikan cara mengelolanya sebgai berikut

1.    Seleksi
Mencegah hal yang tidak diinginkan, seleksi calon penghuni kos, ajak ngobrol santai tanyakan mengenai kegiatan serta latar belakang keluarganya. Buat form data pribadi penghuni dan minta si calon penghuni mengisinya, tidak lupa minta fotocopy identitas diri.

2.    Peraturan
Membuat penghuni kos mentaat peraturan yang ada tidaklah semudah yang dibayangkan, baik buruknya anda mengelola usaha ini menentukan citra anda di pandangan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah peraturan agar usaha anda sukses dan sesuai dengan norma lingkungan, seperti jam berkunjung.

3.    Usaha Pendukung
Setelah usaha kos-kosan berjalan dengan baik tidak ada salahnya anda mengembangkan usaha lainnya dalam kos-kosan, seperti penjualan pulsa atau mini swalayan. Bisa juga membuka usaha kafetaria, dengan sasaran tidak hanya penghuni kos melainkan juga msyarakat sekitar.

Sumber :  Ciputraenterpreneurship

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi