810 Sabtu, 20 September 2014 | 01:51:06

Simak Ini Sebelum Menyewakan Rumah Anda

simak-ini-sebelum-menyewakan-rumah-andathe financialist

Ada sebagian orang yang berniat membeli hunian sebagai tempat tinggal, atau digunakan sebagai sumber penghasilan, melalui cara menyewakan atau menjual lagi hunian tersebut. Kedua hal itu merupakan upaya berinvestasi yang sering dilakukan oleh orang kebanyakan akhir-akhir ini.

Mengontrakkan rumah dapat memberikan berbagai keuntungan bagi sipemilik rumah tersebut. Salah satunya ialah rumah akan tetap terpelihara oleh si penyewa, tanpa adanya biaya yang harus dikeluarkan oleh sipemilik. Dengan begitu, harga jual rumah tetap terjaga sebab kondisi rumah dalam keadaan baik.

Namun, beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum menyewakan hunian milik anda perhatikan hal berikut ini.

•    Pertama cek kembali keadaan rumah tersebut. Perbaiki pada bagian yang rusak supaya pihak penyewa tidak merasa dikecewakan. Setelah itu undang calon pengontrak untuk bersama-sama melihat kondisi rumah.
Dengan tujuan apabila ada kerusakan pada bagian rumah selama ditempati pengontrak, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab pengontrak untuk memperbaiki.

•    Perhatikan hal yang mempengaruhi penentuan tarif kontrak. Contohnya akses jalan menuju dan keluar rumah yang strategis, ukuran rumah, jumlah ruangan dalam rumah, serta kelengkapan fasilitas yang ada dirumah.

•    Lakukan observasi latar belakang calon penyewa rumah anda. Tujuannya ialah untuk menghindari rumah dari penggunaan yang tidak sesuai dengan undang-undang dan peraturan, yang nantinya akan menyeret pemilik rumah pada kasus tersebut.

Tidak hanya itu, kemampuan keuangan penyewa juga harus di perhatikan supaya tidak mempersulit anda ketika pembayaran uang sewa telah jatuh tempo. Alangkah baiknya tarif sewa di bayarkan di muka sebelum pengontrak menempati rumah.

•    Susun surat kesepakatan yang mencantumkan kewajiban dan hak antar pemilik kontrakan dengan pihak penyewa. Yang terpenting adalah mengenai jangka waktu masa sewa, harga sewa, metode pembayaran serta tanggung jawab pada kondisi rumah.

•    Setalah kedua belah pihak menyepakati perjanjian tersebut, maka perjanjian itu harus dilegalkan dengan dibubuhkan materai yang dilengkapi tandatangan agar ada kekuatan hukumnya. Lalu laporkan hal tersebut kepada ketua RT/RW setempat.

Sumber : rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi