217 Sabtu, 16 Agustus 2014 | 11:05:00

Panduan Untuk Penyewa: Tips Survei Properti Sewaan

panduan-untuk-penyewa-tips-survei-properti-sewaankafeilmu

Saat berkunjung ke properti yang akan Anda sewa, tentu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar survei Anda berguna dalam memilih dan menentukan mana properti yang tepat untuk disewa. Bawalah buku catatan dan pena untuk mencatat detil-detil property yang Anda kunjungi. Mencatat akan membantu Anda mengingat lebih banyak detil tentang properti-properti yang telah dikunjungi, terutama bila dalam satu hari Anda berkunjung ke lebih dari satu properti. Catatlah detil setiap property pada halaman berbeda dan jangan lupa berikan alamat pada setiap catatan tersebut agar mudah diingat.

Catatlah keterangan yang lengkap, contohnya luas properti yang kita kunjungi atau bagian dari properti yang Anda sukai maupun tidak. Perhatikan juga area-area yang bermasalah, hal ini dapat dimanfaatkan untuk bernegosiasi dalam hal garga sewa.

Mengambil gambar properti juga akan sangat membantu. Mulailah memotret dari bagian depan setiap property agar Anda mudah mengelompokkan dan membedakannya.

Buatlah daftar kriteria tentang hal yang Anda inginkan dan hal yang menurut Anda wajib terdapar di properti yang akan disewa. Hal ini juga akan bermanfaat apabila Anda akan tinggal dengan orang lain. Gunakalnlah kriteria-kriteria tersebut untuk alat negosiasi.

Periksalah bahwa unit yang Anda kunjungi strukturnya kuat. Bila Anda menemukan adanya masalah, misalnya retakan di dinding, segera beritahukan kepada pemilik. Dan bila Anda tetap akan menyewa unit tersebut, pastikan masalah yang ada sudah ditangani dengan baik.

Pastikan seluruhnya berfungsi dengan baik, contohnya sistem pemanas air, pendingin ruangan, lampu, kenop pintu, showerheads dan kunci jendela serta pintu. Bila ada yang perlu diperbaiki, mintalah kepada pemilik untuk segera memperbaikinya.

Bawalah meteran pengukur, terutama bila Anda sedang mengunjungi properti sewaan untuk jangka pendek. Anda perlu memastikan bahwa sebagian besar furnitur Anda dapat dipindahkan ke sana, berarti Anda perlu mengukur dimensi furniture di rumah terlebih dahulu.

Lihatlah daerah sekitar lokasi property yang Anda akan sewa. Anda perlu mengetahui siapa tetangga Anda, jarak dari tempat tinggal ke fasilitas seperti klinik, pasar, swalayan, dan daerah sekitar. Bila Anda yakin dapat tinggal dengan nyaman di sana, pastikan Anda mengingat properti tersebut.

 

 

Sumber: Rumah, kafeilmu

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi