251 Minggu, 15 Juni 2014 | 02:32:20

Investasi Penyewaan Rumah

investasi-penyewaan-rumah

Investasi dalam bentuk properti kini memang banyak dilakukan. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki invetasi properti misalnya apartemen, rumah residensial, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cara  menyewakan pada orang-orang yang membutuhkan sewa hunian. Tentunya dengan berbagai pertimbangan yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Hal ini dinilai sebagai bisnis investasi Anda untuk masa depan, selain menabung.  Berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum menyewakan rumah Anda:


Pertama Anda harus tentukan dulu harga sewa rumah Anda. Jangan sampai Anda memberikan harga sewa yang terlalu mahal atau bahkan terlalu murah. Cari harga pasaran rumah Anda sesuai dengan tipe dan fasilitas yang terdapat di dalamnya. Saat ini dengan media internet, Anda akan lebih mudah melakukan survey harga dan mengenali sewa properti lainnya yang sejenis. Anda juga bisa meminta bantuan pada agen atau broker untuk memberikan nilai sewa yang pas.


Sebelum Anda menyewakan rumah Anda, pastikan terlebih dulu hal-hal penting seperti jaringan listrik, penggunaan air bersih, dan kebersihan rumah. Tidak lupa untuk memperbaiki komponen-komponen yang sudah rusak atau perlu diganti. Hal-hal tersebut tentu akan mempengaruhi nilai sewa rumah Anda.


Mengenai proses sewa, lagi-lagi Anda bisa menggunakan layanan internet untuk mempermudah proses penyewaan. Seperti beriklan di berbagai media properti online yang terpercaya agar proses sewa tidak menyulitkan Anda. Atau Anda bisa gunakan jasa agen properti  atau broker. Namun, proses sewa juga perlu Anda pantau secara langsung.


Dengan beberapa tahap yang sudahAnda lakukan, Anda siap menyewakan rumah Anda. Nantinya Anda perlu membuat perjanjian agar hak dan kewajiban penyewa dipenuhi. Bila perlu, buat perjanjian itu secara tertulis yang ditandatangani oleh Anda dan pihak penyewa, gunakan materai agar semakin mantap. Perjanjian-perjanjian tersebut harus diketahui pihak penyewa secara jelas, agar mencapai kesepakatan bersama tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.


Sumber: Detik

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi