256 Selasa, 15 April 2014 | 12:30:15

Pintar dan Tepat Pilih Rumah Kontrakan

pintar-dan-tepat-pilih-rumah-kontrakan

Mengontrak rumah menjadi solusi dikala kebutuhan akan hunian mendesak sementara dana yang sudah terkumpul belum mencukupi untuk membeli rumah impian. Selain mempertimbangkan lokasi serta meneliti kembali perjanjian dengan pemilik rumah kontrakan, Anda harus memperhatikan hal berikut.

Pembayaran dan tenggat waktu sewa
Anda berhak mendapatkan penawaran terbaik. Negosiasikan apakah Anda boleh membayar  bulanan uang kontrakan. Dengan membayar bulanan, meski jatuhnya lebih mahal, Anda akan lebih ringan dalam pembayaran serta dapat pindah sewaktu-waktu jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jangan lupa menanyakan perlu tidaknya jaminan uang sebagai deposit serta cara pengambilan kembali deposit.

Fasilitas
Gas, listrik, dan air merupakan fasilitas yang harus sudah tersedia. Tanyakan kepada pemilik kontrakan, apakah semua tagihan sudah terlunasi sebelum Anda menepati rumah tersebut, serta cara membayar bilamana Anda memilih mengontrak bulanan. Sudah termasuk uang sewa atau dibayar terpisah.

Perawatan fasilitas dan bagian rumah yang rusak
Sebelum Anda menempati rumah kontrakan, ada baiknya mengecek kembali semua fasilitas serta bagian rumah. Bila ditemukan masalah seperti kran atau pipa yang bocor atau rusak atau kamar mandi serta meja kursi yang rusak dan tidak disebabkan oleh Anda, sebaiknya diskusikan dengan pemilik rumah cara untuk mengatasinya.

Untuk berjaga-jaga, Anda  juga dapat memasukkan masalah perawatan fasilitas dan bagian rumah yang rusak ini ke dalam perjanjian sewa menyewa.

Sumber : Peluang Properti



📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi