192 Senin, 07 April 2014 | 03:29:32

Perhatikan Ini Sebelum Menyewa Rumah

perhatikan-ini-sebelum-menyewa-rumah

Sewa rumah menjadi salah satu alternative bila dana yang terkumpul belum cukup untuk mewujudkan rumah impian. Sewa Rumah tidak hanya memperhatikan lokasi dan harga namun juga mencermati desain serta konstruksi bangunan.  Ada berbagai bagian rumah yang harus diperhatikan sebelum menentukan rumah yang akan disewa. Berikut ulasannya.

* Atap dan genteng
Kedua bagian ini merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan. Pastikan kerangka kayu tidak lapuk. Jangan sampai atap rumah dalam keadaan rapuh sehingga membahayakan nyawa Anda sekeluarga. Perhatikan juga kondisi genteng yang harus dalam kondisi baik.

* Kamar mandi
Tidak sekedar bersih, Anda juga harus mengecek saluran air. Apakah masih berfungsi baik. Juga kran yang masih berfungsi normal, tidak menetes saat dimatikan serta ubin keramik yang masih terpasang dengan baik. Pastikan juga kamar mandi mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Coba siram kloset dengan air untuk memeriksa saluran air tidak mampet.

Jika jumlah kamar mandi lebih dari satu, pastikan ruangan ini layak digunakan oleh Anda sekeluarga maupun tamu.

* Dinding rumah
Pastikan dinding tidak lembab, retak, ataupun kopong (berongga karena kurang semen). Flek rembesan air di dinding berarti menandakan rumah tersebut rawan bocor.

Selain itu, pastikan dinding rawan gempa. Untuk mengeceknya, cobalah paku pojok ruangan. Jika paku Anda bengkok, berarti dinding dibangun dengan kerangka beton dan aman untuk membangun rumah. Perhatikan pula water proofing, apakah masih berfungsi dengan baik.

* Ada atau tidak : ‘penghuni’ lain
Penghuni lain disini adalah rayap, tikus, kecoa, semut, dan sebagainya. Tidak hanya mengganggu Anda sekeluarga, tapi juga dapat merusak furnitur.

* Sumber air
Tanyakan kepada tetangga atau orang sekitar, sumber air berasal dari PAM atau Air tanah

* Saluran pembuangan air dan septic tank
Cari tahu kemana arah air dari kamar mandi dan cucian mengalir. Pastikan saluran ini berfungsi baik. Perhatikan juga septic tank agar tidak menimbulkan masalah kebersihan dan kesehatan di kemudian hari.

* Saklar
Untuk mudahnya, gunakan saja test pen. Cek semua saklar di semua ruangan.

* Lantai
Cek kembali ubin. Apa ada yang retak?. Coba ketok ubin dan waspadalah jika terdengar kosong , karena berpotensi untuk retak.

* Pintu dan jendela
Pastikan panel pintu dan jendela masih berfungsi dengan baik dan tidak diseret ketika dibuka.

Sumber : Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi