373 Senin, 24 Maret 2014 | 08:39:49

Mau Kontrak Rumah? Perhatikan Ini

mau-kontrak-rumah-perhatikan-ini

Lokasi rupanya bukan satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa atau mengontrak rumah. Setidaknya ada 11 hal yang harus Anda cermati betul-betul. Mulai dari berbagai macam biaya, lokasi, peraturan, hingga isi perjanjian.

Lauren Boston, Staf Penulis dan Manager Relasi Publik National Apartment Association mengungkapkan bahwa dia harus belajar dari pengalamannya sendiri. Anda tentu tidak perlu. Melalui artikel ini, ketahui dahulu hal-hal mendasar sebelum Anda menyewa rumah.

Pertama-tama, ketika mencari hunian yang ingin Anda sewa, carilah berdasarkan biaya dan lokasinya. Menurut Doug Culkin, CEO National Apartment Association, harga sewa dan lokasi adalah dua faktor utama yang harus Anda pertimbangkan. Tentu, Anda ingin rumah yang cantik, tapi harus ingat masih ada pengeluaran lain. Menghabiskan penghasilan pada biaya sewa tampaknya bukan hal bijak.

Kedua, di mana pun Anda menyewa rumah, ingatlah bahwa nanti akan menjadi bagian dari lingkungan baru tersebut. Kompleks perumahan, apartemen, rusunawa, bahkan kos-kosan akan menjadi "rumah" Anda. Lingkungan yang baik akan menambah kenyamanan Anda tinggal di tempat tersebut. Jika Anda akan menyewa apartemen atau rusunawa, coba mencari informasi mengenai P3SRS-nya terlebih dahulu.

Anda mungkin harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan RT setempat, atau pengurus rusun. Jika akan menyewa apartemen, mungkin Anda tidak diperbolehkan membawa binatang peliharaan, mengecat dinding, memaku dinding, atau tidak boleh mengizinkan teman atau kerabat menginap lebih dari seminggu.

Ketiga, jangan hanya bergantung pada ujaran pihak yang menyewakan rumahnya pada Anda. Periksa apakah perjanjian yang Anda tanda tangani cocok atau sejalan dengan perjanjian verbal antara Anda dan penyewa. Jangan pernah takut bertanya!

Keempat, beri perhatian khusus pada biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulan. Biaya tersebut termasuk biaya sewa, penggunaan listrik dan air, sampah, serta berbagai biaya lain yang mungkin timbul. Sekali lagi, jangan takut bertanya pada penyewa rumah Anda. Semakin cepat  mengetahui biaya yang harus Anda bayar, pertimbangan pun semakin cepat.

Kelima, pastikan bagaimana proses pembaharuan perjanjian sewa. Jangan sampai, Anda masih ingin tinggal di rumah tersebut, namun penyewa menganggap Anda tidak akan tinggal di tempat itu lagi dan terlanjur menyewakannya pada orang lain. Pastikan juga bagaimana cara atau kemungkinan membatalkan sewa di tengah-tengah perjanjian.

Keenam, sebelum menandatangani perjanjian, baca kembali perjanjian tersebut dengan teliti. Dengan cara ini penyewa dan Anda menguasai betul isinya.

Terakhir, cek kondisi rumah atau apartemen yang Anda sewa sebelum membawa barang-barang ke dalamnya. Ambil foto kerusakan yang sudah ada di dalam rumah sebelum Anda pindah, kemudian sampaikan pada penyewa. Dengan cara ini, uang jaminan Anda seharusnya tidak dipotong karena kerusakan tersebut. Lantas, berhati-hatilah agar tidak merusak rumah kontrakan Anda!

Tapi, tunggu dulu. Menyewa atau mengontrak rumah dan apartemen sebenarnya bukan hal buruk. Meski Forbes mencatat bahwa menyewa rumah adalah kesalahan keempat dari delapan kesalahan alokasi dana rumah tangga, ada pula pandangan yang melihat bahwa menyewa rumah bisa menjadi jalan keluar ideal bagi keluarga Anda.

Sumber : Kompas


📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi