233 Kamis, 07 November 2013 | 05:56:22

Pintar Berinvestasi Rumah Sewa/Kontrak

pintar-berinvestasi-rumah-sewa-kontrak

Kebutuhan akan rumah/kamar sewa dan kontrak di daerah perkotaan semakin besar sejalan dengan semakin bertambahnya penduduk perkotaan yang akan mencari nafkah dan menuntut ilmu di sekolah/perguruan tinggi. Berinvestasi rumah sewa dan rumah kontrak di daerah perkotaan merupakan bisnis yang cukup diminati oleh orang-orang berkantong tebal. Misalnya rumah petak peruntukan kost mahasiswa, pegawai/karyawan pabrik, dan masyarakat pendatang yang biasa mencari mata pencaharian di kota.

Beberapa tips cara berbisnis rumah kontrak/rumah sewa yang harus diperhatikan oleh para calon pebisnis bidang ini, sebagai berikut :

  • Pilih lokasi yang peling sesuai dengan calon konsumen,misalnya : lingkungan perusahaan/pabrik-pabrik yang memiliki banyak karyawan; lingkungan perguruan tinggi yang memiliki ribuan jumlah mahasiswa; dan seterusnya.
  • Buatlah bangunan yang sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, misalnya harus dibedakan rumah petak untuk mahasiswa dengan pegawai pabrik/rumah tangga.
  • Sediakan fasilitas yang memadai pada setiap rumah petak, toilet/kamarmandi, air, listrik, pada setiap rumah/kamar kost. Kalau bisa hindari penyediaan fasilitas toilet umumu, sebab fasilitas ini merupakan fasilitas vital yang sering menjadi masalah jika dipergunakan bersama.
  • Buatlah perjanjian secara tertulis setiap ada transaksi penyewaan/kontrak dengan ketentuan dan syarat yang tidak merugikan saalah satu fihak, termasuk sistem pembayaran sewa/kontrak, pembayaran listrik/air harus dituangkan dalam surat perjanjian.
  • Jika unit kontrakan cukup besar, terutama untuk mahasiswa.. ada baiknya disediakan tempat parkir yang cukup dan aman, serta layanan umum seperti kantin dan loundry.


Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan oleh calon pebisnis rumah sewa atau rumah kontrak di daerah perkotaan.

Sumber : Detik

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi