315 Kamis, 07 November 2013 | 05:39:12

Pilih-pilih Kontrakan

pilih-pilih-kontrakan

Belum punya cukup dana untuk beli rumah sendiri?Rumah kontrakan menjadi solusi . Berikut tips dalam memeilih rumah kontrakan.

1. Lokasi Kontrakan
Lokasi memang bukan satu-satunya hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan ketika memilih tempat tinggal sewa. Terkadang, Anda dapat "terjebak" dengan memilih tempat tinggal dengan harga sewa lebih mahal. Meskipun berada di lingkungan elit, namun masih ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan kualitas tempat tinggal istimewa.

Untuk itu, dalam mempertimbangkan lokasi, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan kenyamanan di tempat tersebut. Tak ada salahnya tinggal sedikit lebih jauh dari kantor Anda, pergi ke kantor dengan menumpang bus atau kendaraan umum lainnya satu kali sebelum sampai ke tempat kerja. Hanya saja, seimbangkan waktu dan biaya untuk mencari lokasi ideal bagi Anda.

2. Binatang liar
Jika istilah "binatang liar" terdengar aneh, mungkin Anda lebih akrab dengan sebutan "kecoak", "tikus", "semut", atau "nyamuk". Meski tidak hanya terbatas pada binatang-binatang pengganggu ini saja, sebaiknya Anda memeriksa dahulu kemungkinan binatang-binatang tersebut mengganggu Anda di rumah atau apartemen yang akan Anda sewa.

3. Tekanan air
Cek kondisi saluran air dengan membuka semua keran yang ada di rumah atau apartemen tersebut. Jika terasa ada saluran tersumbat, ada baiknya Anda berhati-hati. Kemungkinan besar, penyewa sebelum Anda juga mengalami masalah sama dan tidak ada pertangungjawaban dari pengelola rumah atau apartemen.

4. Parkiran
Jika Anda memiliki mobil pribadi, Anda juga harus mewaspadai lokasi parkir. Jangan sampai Anda harus berjalan jauh untuk memarkir kendaraan. Lebih parah lagi, jangan sampai Anda menjadi korban tindak kriminal.

5. Bising
Jika lokasi yang dipilih berada di tepi jalan raya, tentunya Anda tidak dapat protes jika di siang hari rumah Anda tergolong bising. Namun, sebising apapun kondisi jalan raya, area tersebut akan hening pada malam hari. Untuk itu, pertimbangkan jika lokasi hunian Anda dekat dengan kelab malam atau lokasi-lokasi lain yang berkegiatan semalaman suntuk.

6. Bau aneh dan asap rokok
Jika Anda tidak merokok, Anda tentu akan sangat tergangu dengan bau asap di dalam rumah. Cobalah "membuka" indera Anda dan menaruh perhatian lebih jika merasakan ada bebauan aneh di lokasi tersebut.

7. Cek jendela
Cobalah mengecek kondisi jendela di unit hunian sewa tersebut. Waspadai adanya retak, jamur, atau buruknya kondisi ventilasi.

8. Fasilitas mencuci
Tentukan dulu, Anda akan mencuci sendiri pakaian atau cukup dengan bantuan jasa pencucian baju. Jika akan menyewa apartemen, pastikan apartemen tersebut memiliki fasilitas yang Anda butuhkan. Jika mengontrak rumah, sebaiknya Anda mencuci sendiri pakaian agar lebih menekan biaya. Cobalah membuat lokasi khusus mencuci di rumah yang mudah dibersihkan dan tahan kelembaban.

9. Sinyal Operator Selular
Hmmmm, ini bukan masalah kalau kontrakan pilihan anda itu di kota besar. Meski terkadang sinyal terganggu oleh gedung-gedung bertingkat di sekitarnya, tapi masih aman. Tapi kalau anda memilih kontrakan agak dipinggiran kota, sebaiknya cek dulu sinyalnya. Dari pada nanti anda terpaksa memilih komunikasi dengan sms saja, karena kalau menelepon ujung-ujungnya malah kuping panas karena suara yang terputus-putus.

9. Cek semua janji!
Jika Anda dijanjikan berbagai fasilitas seperti detektor asap, pompa, lemari es, kompor, atau hal lain, sebaiknya Anda mengeceknya dahulu dan keaktifan semua fasilitas pendukung tersebut. Terutama bagi apar dan detektor asap. Jangan sampai Anda harus mengalami musibah, baru mengetahui "fasilitas" tersebut ternyata tidak dapat digunakan.

Selamat berburu kontrakan!

Sumber: Kompas Properti

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi