629 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 05:45:48

Lakukan ini Sebelum Menentukan Harga Sewa Kos-Kosan

lakukan-ini-sebelum-menentukan-harga-sewa-kos-kosan

Anda ingin memulai bisnis kos-kosan? Salah satu hal penting yang tidak mudah untuk dijadikan keputusan adalah menentukan harga sewa kos-kosan. Bila harga sewa yang ditawarkan terlalu tinggi akan menyebabkan kos-kosan ditinggalkan oleh penyewanya dan tidak diminati oleh calon penyewa baru. Hal ini tentunya akan merugikan bisnis kos-kosan Anda.

Lalu bagaimanakah cara menentukan harga sewa kos-kosan yang tepat? Berdasarkan kondisi normal di pasaran, harga sewa kos-kosan hendaknya menyesuaikan dengan harga sewa rata-rata yang berlaku di wilayah kos-kosan tersebut. Dengan harga sewa yang terjangkau oleh target pasar, maka bisnis kos-kosan Anda akan mendapat banyak peminat.

Berbeda halnya bila kebutuhan akan kos-kosan di wilayah tersebut lebih besar daripada jumlah kos-kosan yang tersedia. Kondisi seperti ini memungkinkan Anda untuk menentukan harga sewa yang lebih tinggi dari harga sewa pada kondisi normal.

Penentuan harga sewa yang tepat diperlukan untuk mendukung pengembangan bisnis kos-kosan. Harga sewa kos-kosan juga dapat ditentukan berdasarkan fasilitas dan kelebihan apa saja yang ditawarkan.

Hal – hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menentukan Harga Sewa Kos-kosan

  • Riset pasar

Lakukan hal ini untuk mengetahui fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh kompetitor bisnis sejenis. Baca dan lihat iklan-iklan yang dipasang oleh kompetitor.

  • Perindah kondisi fisik bangunan kos-kosan.

Beri fasilitas tambahan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

  • Tawarkan kontrak sewa jangka panjang.

Hal ini untuk menarik calon penyewa yang berencana untuk tinggal di wilayah tersebut dalam jangka panjang pula.

  • Tawarkan kos-kosan di mana satu kamar dapat dikontrak oleh lebih dari satu orang.

Dengan demikian harga sewa kos-kosan bisa menjadi lebih murah sehingga lebih menarik minat calon penyewa dengan keuangan terbatas.

  • Mengijinkan penyewa untuk membawa hewan peliharaan.


Khusus untuk hal ini tentunya dibutuhkan perjanjian tersendiri yang meringankan semua pihak, baik Anda sebagai pemilik kos-kosan maupun penyewa.


Selain hal-hal tersebut di atas, Anda dapat menentukan harga sewa kos-kosan lebih tinggi dari harga pasaran bila lokasi kos-kosan lebih strategis dibandingkan lokasi kos-kosan kompetitor. Yang dimaksud dengan lebih strategis di sini adalah lokasi kos-kosan dekat dengan sekolah, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit atau pun fasilitas umum lainnya dan mudah dijangkau oleh sarana transportasi umum.


Sumber : bundainbiz

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi