249 Rabu, 30 Oktober 2013 | 03:37:20

Cerdas Menyewa Apartemen

cerdas-menyewa-apartemen

Sewa apartemen bisa menjadi pengalaman paling menyenangkan sekaligus menyeramkan tergantung pada sifat pemilik apartemen tersebut. Berikut ini saran-saran cerdas dalam saat menyewa apartemen :

1. Jika Ingin Harga yang Murah, Katakanlah
Pada umumnya harga sewa apartemen tidak bisa ditawar lagi. Tetapi banyak juga pemilik apartemen yang mau berdiskusi membicarakan faktor harga ini. Menurunkan harga sewa memang sulit dilakukan. Sebagai alternatifnya, Anda bisa meminta pemilik menyediakan fasilitas tambahan sebagai bentuk penghematan. Misalnya jika Anda memiliki hewan peliharaan, mintalah pemilik membebaskan biaya sewa tempat penyewaan hewan. Contoh lainnya Anda bisa meminta tempat parkir tambahan. Biasanya diskon harga baru diberikan jika Anda menyewa dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebagai contoh, jika kebanyakan orang menyewa apartemen selama 12 bulan, maka Anda bisa menambahkan sebulan lagi sehingga menjadi 13 bulan agar mendapat potongan harga. Pengaturan harga seperti ini mirip dengan pilihan tarif paket operator seluler. Semakin lama kita berlangganan suatu paket make semakin banyak potongan yang didapatkan.

2. Bertanyalah Pada Penyewa Lainnya
Meskipun ini terdengar sedikit memalukan, Anda akan mendapatkan informasi yang benar bagaimana rasanya tinggal di sana. Pengalaman-pengalaman ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran suasana apartemen yang sebenarnya. Beberapa pertanyaan yang bisa Anda coba tanyakan saat berbasa-basi antara lain : Apakah Anda senang tinggal di sini? Apakah pemilik memperhatikan kebutuhan penyewanya? Bagaimana sikap pemilik merespon keluhan? Apakah di sini berisik? Apakah ada sesuatu yang tidak pernah kubayangkan terjadi di sini?

Jika Anda merasa malu-malu melakukannya karena dinilai mengganggu, Anda bisa mencoba cara alternatifnya yaitu dengan meninggalkan secarik kertas di bawah pintu setiap kamar berisi pertanyaan yang ingin Anda ketahui dan cantumkan juga nama dan nomor hp atau email Anda agar penyewa lain bisa menghubungi Anda. Meskipun tidak semuanya akan merespon Anda, tetapi setidaknya ada satu orang yang akan menghubungi Anda.

3. Periksa Surat Perjanjian Sewa
Telitilah dalam memeriksa surat perjanjian sewa. Jika ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakannya. Jika ada yang salah, mintalah untuk diperbaiki. Pastikan Anda merupakan salah satu pihak yang terlibat dari surat perjanjian tersebut. Setelah penandatanganan dilakukan, jagalah surat tadi sebaik mungkin. Anda juga bisa membuat catatan kecil seputar tanya jawab yang dilakukan sebelum proses deal terjadi. Bisa juga dengan merekam semua proses pembicaraan selama proses transaksi berlangsung. Sehingga jika nanti terjadi suatu kesalahpahaman, Anda memiliki bukti dasar yang kuat. Ingat bahwa proses sewa-menyewa apartemen merupakan hubungan kerjasama bisnis sehingga perlu Anda bersikap waspada.

4. Ambil Potret Suasana Ruangan Sebelumnya
Seringkali pemilik apartemen memotret semua sudut ruangan sebelum Anda menempatinya. Sebaiknya Anda pun perlu melakukan hal yang sama. Sebelum penandatangan kontrak terjadi, jauh lebih baik jika Anda bisa melihat-lihat suasana ruangan dan diperbolehkan mengambil foto. Fokuslah pada kerusakan yang sudah terjadi di apartemen sehingga Anda bisa meminta untuk diperbaiki dahulu. Namun jika pemilik apartemen bersikap tak acuh terhadap kerusakan tersebut, bisa jadi ini merupakan salah satu pertanda bahwa dia kurang memperhatikan keluhan penyewa apartemen.

5. Ketahui Hak Anda
Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui hak-hak yang Anda miliki selama tinggal di apartemen. Anda bisa mencarinya di berbagai media online. Umumnya, informasi yang dimuat bersifat rata-rata dan tidak terlalu spesifik sehingga mudah dipahami. Melalui cara ini, Anda bisa mengerti apa saja yang bisa Anda lakukan di apartemen dan batasan-batasannya. Selain itu, ketahui juga hukum yang berlaku di Indonesia. Sehingga, Anda sebagai penyewa bisa menerima bantuan hukum saat terjadi suatu permasalahan yang dibawa sampai ke pengadilan. Mengetahui terlebih dahulu bagaimana situasi lingkungan Anda dan siapa saja yang harus dihubungi saat terjadi masalah membuat situasi panik jadi lebih mudah diatasi.

6. Bersikap Jujur
Menyewa apartemen adalah hubungan bisnis antara penyewa dan pemilik, sehingga besar kemungkinan akan terjadi masalah di dalamnya. Jika Anda ingin menjadi penyewa yang baik, Anda perlu bersikap lebih dari membayar sewa tepat waktu. Bahkan dalam berbagai kasus, kejujuran dan merawat aset apartemen jauh lebih baik daripada membayar tepat waktu. Pun demikian jika suatu saat Anda mendapatkan musibah sehingga membayar terlambat, maka akan dilayani dengan baik oleh pemilik.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi