203 Kamis, 24 Oktober 2013 | 02:06:10

Panduan Menyewakan Apartemen

panduan-menyewakan-apartemen

Orang-orang yang menyewa apartemen biasanya berbeda dengan penyewa rumah. Mereka mungkin tipe orang yang aktif, sporty, dan mobile, tidak ingin direpotkan oleh urusan tetek-bengek. Itulah alasan merka ingin mencari hunian dengan fasilitas yang mereka butuhkan secara lengkap.

Kiat mencari penyewa dengan cepat dengan harga terbaik: Buatlah daftar semua fasilitas dan kelebihan apartemen Anda, karena itu merupakan daya jualnya.

  • Pertimbangkan kemudahan akses sebagai highlight utama. Misalnya, dekat bandara, halte busway, pusat perbelanjaan dan hiburan, atau jalan tol. Gunakan kalimat yang mudah menjual seperti '10 menit dari tol'.
  • Membuat print out promosi dan menempelkannya di tempat yang potensial. Misalnya perkantoran atau lingkungan kampus.
  • Pasang iklan online di internet melalui situs jejaring seperti facebook.
  • Promosi mulut ke mulut. Kerjasama dengan tetangga dan teman. Karena kemungkinan mereka memiliki teman-teman atau rekan kerja yang potensial menjadi penyewa.
  • Tetapkan harga yang bersaing dan negotiable. Kurang untung sedikit tidak masalah asalkan cepat tersewa. Tapi jangan sampai banting harga karena bisa merusak pasaran dan merugikan diri Anda sendiri.

Harga sewa

Harga sewa per tahun biasanya berkisar antara 8%-15% dari harga apartemen. Bergantung lokasi, supply, dan demand. Jadi range harga sewa apartemen di gedung yang sama atau apartemen lain dekat lingkungan tersebut juga harus Anda pertimbangkan saat menentukan harga sewa. Kebanyakan, rata-rata harga sewa adalah 10% dari harga apartemen pertahun – jika dihitung bulanan maka tinggal dibagi 12 saja. Misalnya jika harga apartemen Rp. 350 juta, maka Anda dapat menetapkan harga sewa Rp. 35 juta pertahunnya. Yang paling baik adalah jika harga sewa dapat menutup biaya-biaya seperti building maintenance ke pengelola, seperti listrik, air, dan pajak. Jika apartemennya masih dicicil, harga sewa sebaiknya juga bisa meng-cover cicilan apartemen berikut biaya-biaya tadi. Namun ini juga tergantung jangka waktu kreditnya.

Sumber : Menshealth

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi