233 Jum'at, 19 Juli 2013 | 01:27:50

Solusi Mudah Mencari Rumah Sewa

solusi-mudah-mencari-rumah-sewa

Anda merupakan pekerja atau keluarga yang belum memiliki rumah sendiri? Solusinya tentu akan mencari rumah disewakan dan itu merupakan hal yang kerap kali umum dilakukan. Selain alasan belum cukupnya dana untuk mendirikan tempat tinggal, terkadang faktor lokasi juga bisa menjadi penyebab mencari rumah disewakan.

Seringkali orang merasa tidak cocok terhadap rumah yang di minati. Atau bisa lebih parah seperti tidak cocok setelah beberapa bulan rumah tersebut sudah ditempati. Kebutuhan akan sebuah rumah sewa yang mendesak dan kurangnya persediaan terkadang membuat kita tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Karena jumlah penduduk yang kian bertambah, kadang kita juga perlu berkompetisi dengan peminat lain untuk mendapat tempat sewa yang baik. Jeli dan berhati-hati dalam memperhitungkan sebelum persetujuan sewa-menyewa dilakukan.  Kini mencari rumah disewakan bukanlah hal yang sulit. Inilah beberapa silusi yang bisa digunakan dalam mencari rumah sewa :

 

Lihat Iklan Lewat Media

Anda bisa melihat iklan baris di media cetak seperti koran-koran atau publikasi lewat jual beli dan sewa menyewa rumah via media online. Buat daftar rumah mana yang Anda minati. Mencari referensi dari teman juga penting, terutama bagi meraka yang sedang atau sudah menyewa rumah ditempat yang sama.

Catat Nomor Telfon dan Alamat

Jangan lewatkan untuk mencatat nomor telepon. Sebelum datang ke lokasi langsung, akan dianjurkan untuk menghubungi pihak pemilik atau pengelola mengenai tempat yang mereka tawarkan. Jika dalam percakapan telfon hasilnya cukup meyakinkan, coba untuk mendatangi alamaat tersebut untuk melihat lebih jauh.

Periksa Rumah Secara Detail

Berhati-hati dalam langkah ini. Periksa secara cermat apakah terdapat bagian-bagian properti yang rusak. Seperti padakamar tidur, kamar mandi, dapur, saluran air, plafon, dan lainnya. Apabila menemukan hal yang rusak pada bagian rumah tersebut, Anda perlu meminta untuk diperbaiki kepada si pemilik atau hal ini juga bisa tergantung kesepakatan. Misalnya, Anda yang memperbaiki dengan konsekuensi adanya pemotongan harga sewa.

Petimbangkan Harga Sewa

Saat menyewa rumah, perhatikan istilah “besar pasak daripada tiang”. Artinya, jangan sampai Anda kerepotan setiap jatuh pembayaran sewa. Yang paling ideal adalah biaya sewa rumah tidak lebih dari 30% dari pendapatan Anda. Jika menemukan tempat yang cocok namun harga mahal atau di luar kemampuan Anda, maka jangan tergoda untuk menyewa.

Periksa Keamanan Lingkungan

Keamanan lingkungan mutlak perlu. Tentu Anda tak ingin baru beberapa hari menempati rumah sewa namun sudah kebanjiran atau kemalingan. Tanyakan pada masyarakat sekitar apakah daerah tersbeut rawan pencurian, dan lainnya.

Cek Fasilitas Lingkungan Yang Tersedia

Jika menyewakan rumah, apakah disekitarnya tak jauh dengan rumah sakit, sekolah, jalan raya, hingga taman dan fasilitas olahraga? Ketersediaan fasilitas tersebut akan sangat penting dalam menentukan piilihan.

 

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi