260 Kamis, 25 Juli 2013 | 01:14:09

Ingin Sewa Ruko Secara Tepat? Simak Tips Berikut!

ingin-sewa-ruko-secara-tepat-simak-tips-berikut

Rumah toko atau biasa disebut juga dengan ruko memang jenis properti yang selalu laris dan tidak pernah ada matinya. Hal ini dikarenakan penggunaan ruko yang sangat fleksibel dimana bisa digunakan untuk perkantoran bagi perusahaan kecil atau menengah, hingga digunakan sebagai tempat usaha seperti restoran, salon, dan warnet, perbankan hingga minimarket.

Nah, bagi Anda yang ingin menyewa ruko terdapat hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak kecewa di belakang hari. Berikut beberapa tips panduan yang dikutip dari Mia Danasari, Manajer Senior Riset dan Konsultasi dari Coldwell Banker.

Pilih Hanya di Lokasi Strategis

Syarat penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum menyewa sebuah ruko mutlak harus berada pada lokasi strategis. Hal ini dikarenakan kemajuan usaha Anda sangat bergantung pada lokasi tempat ruko tersebut berada. Orang hanya akan tertarik datang ke lokasi usaha yang terpencil jika memang produk atau jasa yang Anda tawarkan benar-benar menarik atau berkualitas. Oleh karena itu hindari sebisa mungkin lokasi terpencil dan jangan mudah tergiur harga sewanya yang murah, karena percuma mengeluarkan uang untuk sewa  murah jika bisnis  sama sekali tidak berputar.

Nah, bagi usaha-usaha yang baru memulai bisnis dan belum punya nama dikenal sebaiknya pilih lokasi yang mudah terlihat, seperti daerah di pinggir jalan utama yang ramai atau dekat dengan pusat keramaian seperti mall , pemukiman atau perkantoran misalnya. Selain itu tempat yang mudah diakses juga sangat penting, karena orang akan malas datang ke tempat Anda jika sulit dilalui kendaraan dan sulit transportasi umumnya.

Perhatikan Tujuan Pemakaian Ruko

Ketika memilih ruko yang akan disewa, Anda juga harus sesuaikan dengan tujuan usaha Anda. Misal, jika Anda ingin memakai ruko itu untuk mendirikan restoran, perhatikan apakah di lokasi ruko yang ingin Anda sewa juga terdapat usaha serupa yang mungkin akan mempengaruhi bisnis Anda. Perhatikan juga target pasar yang Anda ingin sasar. Jika Anda ingin membuka usaha makanan murah yang menyasar kantong mahasiswa sebaiknya pilih lokasi ruko yang dekat dengan universitas, kampus atau sekolah. Namun jika Anda ingin membuka restoran untuk karyawan, bisa memilih ruko yang dekat dengan pusat perkantoran.

Hitung Dana yang Harus Dikeluarkan

Sebelum menyewa ruko pertimbangkan jumlah dana yang dimiliki dan sanggup Anda keluarkan. Maklum, ruko sekarang ini termasuk jenis properti yang cukup mahal. Apalagi jika lokasinya berada di Jakarta  dimana harga tanahnya jauh lebih mahal dibanding lokasi lain di luar Jakarta. Jika lokasinya semakin strategis maka semakin mahallah biaya sewanya. Oleh karena itu sebelum menyewa penting untuk memikirkan cara dan strategi agar pendapatan Anda selalu bisa menutupi biaya sewa dan perawatan properti. Siapkah Anda?

 

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi