230 Selasa, 09 Juli 2013 | 11:57:38

Tips Dasar Menyewakan Rumah

tips-dasar-menyewakan-rumah

1. Cat ulang rumah tersebut dan lakukan perbaikan pada bagian yang mulai mengalami kerusakan. Sebab terdapat perbandingan harga sewa rumah signifikan, pada kondisi rumah yang apa adanya dengan setelah sedikit perbaikan.

2. Bila Anda tidak menginginkan resiko kerusakan barang, maka jangan menyewakan rumah sekaligus dengan barang rumah tangganya. Sebab tidak semua penyewa memiliki rasa memelihara terhadap barang sewaan.

3. Lakukan publikasi baik menggunakan kertas yang berisikan “rumah dikontrakkan” dengan nomer telpon yang dapat dihubungi, yang diletakkan di depan rumah pada area kering dan mudah dibaca. Atau dengan menggunakan jasa perantara atau agen properti yang dapat dipertanggungjawabkan, tetapi resikonya terdapat pemotongan harga sewa sebab terdapat biaya jasa marketing.

4. Ketika terdapat beberapa calon penyewa, lakukan seleksi dari kesesuaian harga yang ditawarkan hingga kondisi penyewa. Contohnya bila penyewa memiliki beberapa anak kecil, maka terdapat resiko rusaknya beberapa fasilitas rumah, seperti tembok yang dicorat-coret.

5. Bila dapat melakukan publikasi hanya melalui pembicaraan dengan teman dekat. Akibatnya penyewa berasal dari orang-orang disekitar mereka. Sehingga Anda dapat memastikan latar belakang dan identitas penyewa secara pasti.

6. Jangan melakukan akad sewa menyewa rumah, tanpa surat perjanjian hitam di atas putih, meskipun penyewa masih memiliki hubungan kekerabatan dengan kita. Sebab hal ini digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(FL)

 
 Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi