507 Jum'at, 11 Desember 2015 | 05:48:55

Tips Jitu Mencari Lokasi Yang Pas Untuk Bangun Rumah

tips-jitu-mencari-lokasi-yang-pas-untuk-bangun-rumahBlogspot

Untuk dapat memiliki hunian dengan lingkungan yang nyaman memang menjadi impian bagi banyak orang, tak terkecuali memilih lokasi yang pas dan sangat bagus untuk bisa membangun rumah yang di cita-citakan.

Tahap awal yang harus dilakukan sebelum Anda akan membangun rumah yaitu mencari lokasi yang sangat tepat. Untuk hal ini biasanya orang akan mempertimbangkan mengenai berapa harga lahan untuk per meternya dan juga lokasinya dimana.

Ada beberapa tips yang bias Anda jadikan bahan untuk pertimbangan Anda sebelum membangun ataupun membeli tanah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal Anda yang nyaman.

1.Harga Lahan

Untuk hal mengenai harga memang menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan harus dipertimbangkan.Karena dalam memilih lahan Anda pun harus menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki saat ini.Apabila Anda berencana membangun rumah berdasarkan budget, Anda harus mengetahui berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli lahan tersebut, jangan samapi melebihi dari budget yang Anda miliki.

Pada umumnya harga lahan berkisar antara 17 – 20 % dari total biaya membangun rumah. Namun tidak menutup kemungkinan menjadi 25 % ketika anda memilih lokasi yang strategis di pusat kota.

Contohnya saja, budget anda 300 juta, maka anda harus membeli lahan seharga 60juta (20% budget), sedangkan sisanya (240 juta) adalah untuk biaya konstruksi termasuk perijinan/ legalitas, material, jasa arsitek dan kontraktor.

2.Menentukan Daerah

Banyak orang yang memprioritaskan lokasi, dimana harus memiliki lokasi yang strategis, yang dekat dengan fasilitas umum, supermarket, pintu tol, tempat kerja, dan lainnya. Namun ada juga, yang memilih tidak dekat dengan fasilitas umum tersebut, karena mereka menginginkan lokasi yang sanat akrab dengan alam dan memiliki ketenangan di sekitar lokasi tersebut serta pemandangannya yang indah dan udaranya yang segar.

Apapun pilihan anda, sesuaikan budget yang Anda miliki dan jangan sampai ketika lahan sudah terbeli tapi dana yang Anda liliki tidak mencukupi untuk konstruksinya.

Ada beberapa alternatif lahan ataupun lokasi yang bias dijadikan pilihan  dan konsekuensinya.

Sawah dan rawa

Sawah atau rawa adalah salah satu alternative yang dapat dijadikan sebagai lokasi untuk membangun rumah. Namun biasanya tanah di lokasi ini tidak stabil, dan harus menentukan pondasi yang tepat dengan menggunakan tes tanah di laboratorium. Urugan tanah serta pemadatan juga diperlukan agar tanah siap untuk pondasi.

Untuk rumah 1 lantai tidak akan cukup dengan pondasi batu kali, tapi untuk rumah 2 lantai, Anda harus menggunakan tiang pancang agar pondasi lebih kuat menahan beban bangunan. Untuk tiang pancang harganya relative murah serta cepat pemasangannya dibandingkan dengan bored pile, akan tetapi harus mempertimbangkan juga untuk bangunan sekitar agar meminimalisasi retak dinding akibat getaran.

Perkebunan

Langkah yang perlu diperhatikan adalah menghindari tanah bekas perkebunan atau hutan. Karena apabila Anda menggunakan lokasi tersebut nantinya akan memerlukan biaya tambahan untuk mengantisipasi adanya rayap. Kebun atau hutan memang sangat banyak menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah.  Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi rayap meliputi menyemprotan zat anti rayap pada galian pondasi serta pada permukaan tanah.

Gunung Kapur

Lokasi selanjutnya adalah Gunung Kapur, Anda bisa lebih berhemat dalam membangun pondasi ketika membangun di lahan pegunungan batu kapur. Hal ini dikarenakan tanahnya yang keras dan biasanya tidak terlalu dalam. Beberapa rumah kadang hanya memerlukan sloof saja dan tidak perlu memakai apapu, karena sudah berdiri di tanah keras/ bebatuan.

Pantai

Pilihan yang terakhit adalah pantai, meski tanah di pantai juga labil, pondasi yang anda buat haruslah menggunakan semen khusus untuk menghindari pengikisan air laut.

Ada banyak sekali jenis pondasi yang bisa digunakan, ada mulai dari tiang pancang kayu, tiang pancang dari beton, pondasi slab, foot plat, dan masih banyal lainnya.

Selalu pergunakan tes tanah dan konsultasikan dengan kontraktor Anda mengenai pondasi yang cocok untuk rumah anda. Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat untuk hunian Anda, sekarang waktunya untuk mencari kontraktor rumah tinggal yang terbaik.

 

Sumber :Kontraktor Rumah Tinggal

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi