505 Senin, 30 November 2015 | 09:44:59

Solusi Jitu Bagi PNS Untuk Punya Rumah

solusi-jitu-bagi-pns-untuk-punya-rumahFajar

Memiliki Hunian adalah faktor utama bagi semua orang agar dapat bertempat tinggal dengan nyaman dan baik. Namun, terkadang minimnya gaji ataupun penghasilan tidak memungkinkan untuk dapat memiliki rumah. Seperti hal nya saja seorang Pegawai Negeri atau PNS, terkadang mereka harus menunggu hingga beberapa tahun bahkan puluhan tahun agar bisa membeli rumah yang sesuai dengan bujet yang mereka miliki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi PNS untuk memiliki rumah yaitu :

1.Memanfaatkan Bantuan dari Bapertarum

Saat ini, Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan atau (Bapertarum) telah mencanangkan bantuan yang berupa uang muka untuk pembelian rumah bagi PNS senilai Rp 2 juta untuk PNS dan juga termasuk guru. Bantuan uang muka tersebut akan diberikan sebagai biaya uang muka bagi para guru yang telah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) agar bisa membeli rumah.

2.Memilih Rumah Yang Masuk Program Pemerintah

Dengan adanya program rumah yang di laksanakan oleh Pemerintah, seperti program Satu Juta Rumah, hal ini akan sangat membantu bagi para PNS untuk dapat membeli rumah yang sesuai dengan bantuan yang diberikan oleh Bapertarum secara bergolongan. Untuk rumah yang masuk kategori program Satu Juta Rumah harganya relatif murah di bawah Rp 126 juta untuk wilayah Jakarta.

Untuk jenis bantuan uang muka (BUM) bagi PNS, pihak Bapertarum membaginya menjadi 3 golongan yaitu, untuk golongan I bantuan yang diterimanya sebesar sebesar Rp 1,2 juta, golongan II memperoleh Rp 1,5 juta, sedangkan untuk golongan III berhak atas uang Rp 1,8 juta.

Bagi PNS golongan IV, Bapertarum tidak menyediakan BUM. Hal ini terkait dengan peraturan pemerintah yang menyatakan bahwa golongan IV tidak termasuk MBR dan tidak berhak atas BUM.

Wahyudi menuturkan, untuk PNS golongan IV akan ada subsidi silang, walaupun tidak dapat bantuan BUM, tetapi mereka dapat mengambil subsidi silang yang diberlakukannya pada saat mereka pensiun nanti,  nominalnya sesuai dengan jumlah potongannya tiap bulan.

3.Manfaatkan Bantuan Tabungan Perumahan (BTP)

Bantuan Tabungan Perumahan (BTP) yang direalisasikan oleh Bapertarum mempunyai nilai sebesar Rp 4 juta dan ini di perbolehkan bagi semua golongan PNS, termasuk golongan IV.

Dirinya menegaskan, Jika PNS ingin KPR di program sejuta rumah akan ada tambahan Rp 4 juta yang kita kasih secara cuma-cuma. Kalau yang BUM itu kan dipotong dari gaji PNS tiap bulan.

Potongan itu diberlakukan berbeda sesuai dengan golongan masing-masing. Untuk Gaji golongan I PNS dipotong sejumlah Rp 3.000, golongan II sejumlah Rp 5.000, golongan III Rp 7.000, dan terakhir golongan IV dipotong sejumlah Rp 10.000.

Dengan adanya program ini, kini PNS bisa menerima bantuan dari Bapertarum dengan nominal yang cukup besar. Golongan I mendapat total bantuan sebesar Rp 5,2 juta, untuk golongan II sebesar Rp 5,5 juta, untuk golongan III sebsar Rp 5,5 juta, serta golongan IV sebesar Rp 4 juta.

Kebijakan dari program BTP mulai diberlakukan sejak 25 Mei 2015, hal itu seolah menampik anggapan bahwa bantuan Bapertarum sudah tak relevan dengan kondisi saat ini.

Siti Nur Komarilah, salah satu guru SMAN 1 Tangerang Selatan menuturkan, bahwa Taperum sekarang sudah tidak efektif, kalau dulu sampai tahun 1990-an itu masih efektif. Untuk saat ini dana sebesar itu buat renovasi pun belum cukup.

Semoga dengan adanya program yang telah dilaksanakan oleh Bapertarum bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi para PNS yang hingga saat ini belum memiliki rumah pribadi dan masih menempati rumah dinas.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi