73 Sabtu, 28 November 2015 | 12:35:17

Tips Hemat Saat Bangun Rumah

tips-hemat-saat-bangun-rumahWordpress

Banyak saat ini banyak orang yang berpikir untuk membangun rumah sendiri dengan desain yang bisa dipilih dan bahan baku sesuai selera. Ternyata, mendapatkan rumah impian sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Dengan pintar mengatur anggaran, Anda akan mendapatkan rumah yang diinginkan. Rancangan anggaran merupakan hal yang sangat penting bagi terlaksananya pembangunan rumah yang Anda impikan.

Adanya pengaturan yang baik dan rincian untuk pembangunan rumah Abda, Maka dengan begitu Anda akan bisa mengetahui berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sendiri.

Selain anggaran, ada beberapa hal juga yang dapat Anda lakukan sehingga mudah mendapat rumah impian. Tipsnya adalah :

1.Pergunakan Jasa Arsitek

Jasa arsitek ini untuk menghemat waktu serta biaya dan menghindari kesalahan yang tak perlu, sehingga sangat terbantu sekali untuk biaya yang Anda keluarkan nantinya.

Dengan mempekerjakan tenaga yang profesional akan membantu Anda terhindar dari pemborosan akibat kesalahan sepele saat membangun. Oleh karena itu, sebelum memulai pembangunan rumah, sebaiknya diskusikan masalah desain dan lika-liku ruangan dengan arsitektur dan interior yang diinginkan.

2.Mencari Harga Terbaik

Perhatikan untuk harga material rumah, dan sebaiknya carilah harga terbaik untuk material rumah masa depan Anda. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kualitas bahan bangunan yang akan digunakan.

Jangan terlalu fokus dengan harga yang murah, tetapi memiliki kualitas yang buruk, disitu Anda akan mendapatkan bahan material yang jelek.

Kunjungilah pusat perbelanjaan yang menjual bahan bangunan yang berlokasi di daerah sekitar Anda. Manfaatkan program diskon yang ditawarkan oleh toko bangunan yang Anda kunjungi tersebut, dengan begitu akan sangat membantu sekali untuk biaya yang dikeluarkan.

Walaupun diskon yang diberikan tidak seberapa, jika Anda membeli dalam jumlah banyak akan sangat membantu sekali dalam penghematan biaya.

Dengan adanya potongan harag atau diskon, uangnya dapat Anda pergunakan untuk membeli keperluan lain bagi rumah yang sedang dibangun.

3.Manfaatkan Kayu Bekas

Bekas atau tidak baru bukan berarti tidak berkualitas. Bagi yang masih suka dengan bahan kayu dengan harga murah dan kualitas baik, luangkan waktu untuk berburu kayu bekas berkualitas dan juga murah.

Karena, kayu berkualitas didapat dari pohon yang berumur tua dan sudah layak untuk membangun rumah. Kayu tersebut akan tahan terhadap cuaca, rayap dan serangga lainnya. Kemungkinan besar rumah yang Anda bangun pun pastinya lebih tahan lama.

4.Carilah Bahan Bangunan Yang Awet

Agar menghemat biaya, Anda juga bisa gunakan bahan yang murah namun memiliki kekuatan dan cukup awet. Bahan bangunan jenis ini biasanya masuk dalam kategori kelas menengah.

Mulailah dengan melakukan riset untuk mendapatkan informasi. Misalnya jenis cat yang berkualitas bagus tetapi harganya murah.

Selain mencari bahan material yang awet, agar rumah Anda bisa awet hingga jangka waktu lama caranya dengan memberikan formula anti rayap pada semua bahan kayu, hal ini untuk menghindari serangan rayap yang dapat merusak tekstur kayu yang digunakan.

Perlu juga dilakukan terhadap dinding rumah agar tidak mudah retak dengan cara memberi campuran penguat beton, hal ini memungkinkan dinding Anda nantinya tidak mudah retak.

Dengan demikian semoga tips diatas membantu Anda dalam pengerjaan rumah yang Anda bangun saat ini dan agar memberikan hasil yang Anda diinginkan.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi