348 Kamis, 26 November 2015 | 11:30:46

Solusi Tepat Sebelum Menjual Rumah

solusi-tepat-sebelum-menjual-rumahBlogspot

Ada banyak hal yang harus di perhatikan secara serius bagi Anda yang ingin menjual rumah, karena banyak  yang sering bertanya tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam menjual rumah agar bisa menarik minat calon pembeli untuk segera memutuskan membeli rumah yang kita tawarkan.

Tak hanya si pembeli rumah yang harus selalu  mempersiapkan seluruh kelengkapan dokumen pembelian rumah, sebagai pemilik rumah pun harus menyiapkan segala sesuatunya dari mulai dokumen serta kondisi rumah baik di dalam maupun di area luar termasuk pekarangannya.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menjual rumah sebagai berikut:

1. Adanya Penambahan Beban Listrik

Pemilik rumah harus memikirkan dengan berulang-ulang untuk masalah beban listrik sebelum memutuskan untuk menjual rumah kepada orang lain. Ada baiknya, apabila rumah yang akan dijual sudah dilengkapi untuk penambahan daya listriknya agar calon pembeli tidak perlu repot untuk melakukan penambahan daya listrik di kemudian hari.

2. Penggatian Kusen dan Keramik

Untuk rumah yang akan dijual, perlu diperhatikan dan dilihat terlebih dahulu pada kondisi kusen dan juga keramik yang ada pada pintu, jendela dan juga lantai. Jika memang terdapat beberapa kayu yang mulai lapuk serta lantai yang sudah agak kusam terutama pada lantai kamar mandi, sebaiknya segera lakukan penggantian atau pengecetan pada kusen kayu tersebut dan juga pembersihan pada lantai keramik kamar mandi atau ruangan lainnya, untuk lantai tidak perlu di ganti jika memang tidak pecah atau retak, hanya cukup di bersihkan dengan cairan pembersih lantai akan kelihatan cemerlang lagi untuk warnanya.

3. Perhatikan Dokumen Sertifikat dan Akta Jual Beli

Untuk status sertifikat rumah yang ingin di jual sebaiknya di tingkatkan menjadi Sertifikat Hak Milik jika memang sebelumnya masih berstatus Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) agar si pembeli tidak repot lagi untuk mengurus perpanjangannya dan hal tersebut juga membantu untuk meningkatkan harga jual atau nilai jual rumah Anda.

4. Pengecekan Pada Sambungan Pipa Air dan Gas

Selain ketersediaan listrik, ketersedian air dan gas dalam sebuah rumah pun wajib hukumnya. Kedua unsur ini, merupakan hal yang penting dimiliki oleh tiap rumah.

5. Pengecekan Dinding dan Saluran Pembuangan

Untuk saluran closet yang mampat serta dinding yang retak, tentunya akan mengurangi nilai properti. Karena itu segera periksa dan perbaiki apabila ada kerusakan didalam dua unsur tersebut untuk menghindari dampak negatif terhadap rumah yang akan dijual nantinya.

Langkah – langkah diatas sangat perlu di perhatikan untuk Anda yang ingin menjual rumah, karena nilai jual rumah Anda akan tergantung kepada baik dan buruknya kondisi rumah yang akan Anda jual.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi