401 Senin, 23 November 2015 | 11:00:14

Tips Beli Rumah Dengan Uang Pas- pasan

tips-beli-rumah-dengan-uang-pas-pasanHarian Depok

Dapat membeli serta memiliki rumah itu salah satu keinginan setiap orang dan impian yang harus segera di wujudkan, tetapi bagaimana jika dalam hal ini uang yang kita miliki hanya cukup dan pas-pasan saja, itulah yang menjadi faktor tertundanya untuk dapat memiliki rumah pribadi.

Namun, tidak hanya dana saja, faktor lainnya juga harus diperhatikan sebelum membeli rumah. Ada terdapat beberapa faktor yang sangat penting bagi Anda yang akan membeli rumah pertama (primary home).

Terdapat tiga hal yang harus selalu diperhatikan sebelum membeli rumah, diantaranya adalah standar budget-nya berapa atau kemampuan keuangan yang dimilikinya,  yang kedua lokasinya di mana, cukup strategiskah atau kurang strategis atau bahkan tidak cukup nyaman untuk di huni itupun harus diperhatikan, dan yang ketiga adalah legalitas rumah yang akan dibeli seperti apa," tutur Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), Lukas Bong.

Dana dan lokasi menjadi dua hal yang saling mempengaruhi satu sama lain. Semakin strategis lokasi sebuah rumah, maka semakin mahal harga jualnya. Maka dari itu, perlu ada cara yang strategis untuk bisa mendapatkan rumah impian dengan dana yang pas-pasan. Setidaknya ada dua cara untuk mengatasi masalah ini.

Lukas menuturkan, Jika anggaran yang ada hanya ngepas, tidak harus beli rumah secara tunai. Bisa dengan cara mencicil bertahap dari pengembang atau fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) melalui pihak bank.

Dengan cara kedua diatas sangat memungkinkan bagi konsumen untuk dilakukan, karena sesuai dengan kebutuhannya. Karena, cara tersebut sama-sama menawarkan cicilan rumah dalam jangka waktu tertentu untuk tunai, dan jangka waktu lama untuk KPR.

Namun, untuk cicilan bertahap melalui pengembang, di nilai lebih mudah ketimbang harus KPR lewat bank yang seringkali melewati serangkaian syarat yang rumit. Dengan adanya hal tersebut, maka dirinya memberikan saran bagi para pengembang untuk bisa tetap bertahan dalam kondisi bisnis properti yang saat ini sedang lesu.

Pengembang itu harus selalu melakukan perubahan dalam hal pembayaran rumah yang mereka jual. Perubahan itu mau tidak mau harus dilakukan karena akan banyak orang yang ingin membeli rumah dengan cara mudah dan juga syarat yang mudah serta cicilan perbulan yang harus mereka bayar." Tandasnya.”

Dengan adanya perubahan yang memberikan kemudahan pada akses pembayaran ke konsumen, maka di pastikan akan banyak konsumen yang membeli properti yang saat ini sedang banyak di kembangkan oleh para pengembang ataupun developer.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi