332 Senin, 02 November 2015 | 06:14:21

Solusi Tepat Dapat Bantuan Uang Muka Dari Pemerintah

solusi-tepat-dapat-bantuan-uang-muka-dari-pemerintahblogspot

Memiliki hunian yang bagus dan nyaman memang dambaan semua orang karena tempat tinggal merupakan faktor utama yang sangat penting. Namun untuk dapat memiliki tempat tinggal tidaklah mudah bahkan harus rela bekerja keras untuk dapat membeli rumah impian.

Uang muka menjadi salah satu faktor utama untuk dapat membeli rumah yang dibutuhkan oleh semua masyarkat. Karena uang muka merupakan elemen penting dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah. Sehubungan dengan banyaknya orang yang bisa mencicil rumah, namun tak memiliki cukup uang untuk membayar uang muka.

Maurin Sitorus mengatakan, selaku Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), bahwa negara bertanggung jawab dalam menyediakan dan memberikan kemudahan untuk dapat memperoleh rumah bagi masyarakat melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman yang layak bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah (MBR).

Kemudahan yang nantinya akan diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat dalam memperoleh rumah adalah dengan cara memberikan bantuan untuk uang muka sebesar Rp 4 juta untuk masyarakat  yang berpenghasilan rendah (MBR)," tutur Maurin.”

Peraturan yang berhubungan dengan bantuan uang muka bagi MBR ini telah dijelaskan di dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 42/PRT/M/2015 tentang bantuan uang muka bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan pembiayaan pemilikan rumah yang bersubsidi.

Masyarakat berpenghasilan rendah yang berhak menerima bantuan uang muka dari pemerintah haruslah memenuhi beberapa persyaratan yang sebagaimana telah di tetapkan oleh pemerintah. “Ucap Maurin.”

Selain itu, bantuan uang muka yang diberikan kepada MBR haruslah yang sudah lolos verifikasi serta bagi MBR yang telah memiliki surat penegasan persetujuan perkreditan KPR bersubsidi.

Untuk jumlah anggaran bantuan uang muka (BUM) kurang lebih sebesar Rp 220 miliar untuk 55.000 unit rumah. Untuk masalah perumahan merupakan tanggung jawab bersama dalam bidang perumahan. Oleh sebab itu, partisipasi, dorongan serta dukungan kuat dari pelaku pembangunan perumahan bersubsidi seperti perbankan, lembaga keuangan non bank dan pemerintah daerah dapat membantu terciptanya suatu tujuan menyukseskan program bantuan uang muka bagi MBR untuk mendukung program sejuta rumah. 

 

Sumber : Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi