258 Sabtu, 10 Oktober 2015 | 02:15:44

Tips Mendapatkan Rumah Impian

tips-mendapatkan-rumah-impianrumah idaman

Semua orang pasti ingin memiliki rumah yang mereka impikan dan cita-citakan, dengan usaha dan kerja keras yang mereka lakukan, Tetapi sayangnya, harga rumah yang terus bergerak naik membuat kamu kesulitan mewujudkan keinginan tersebut.

Dengan kondisi saat ini, dimana harga kebutuhan pokok meningkat secara drastis, namun pendapatan penghasilan tidak meningkat, faktor itu yang menyebabkan kamu gagal membeli rumah idaman.

Tak perlu khawatir dengan anggapan bahwa tidak dapat membeli sekarang, maka kamu tidak akan memiliki rumah, apalagi dengan harga rumah yang setiap tahunnya akan selalu naik.

Masih banyak rumah yang bisa kamu beli dengan harga yang sedikit rendah selama kamu tahu caranya. Beberapa cara di bawah ini akan sedikitnya membantu kamu untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan impian

1. Hindari Lokasi Strategis dan Lirik Daerah Pinggiran

Membeli rumah di pusat kota ataupun daerah yang mempunyai lokasi strategis harus kamu hindari, karena harga yang mereka tawarkan akan mencapai dua kali lipatlebih mahal jika dibandingkan rumah yang berlokasi di daerah pinggiran kota.

Sebaiknya pilihlah lokasi yang terletak di pinggiran kota, tetapi nyaman dengan keadaan di sekitar lingkunagn tersebut. Daerah pinggiran  yang bisa kamu jadikan target untuk rumah impian kamu seperti Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi bisa menjadi lahan buruan rumah baru kamu.

Namun perlu diingat lagi, walaupun lokasinya di pinggir dan jauh dari pusat kota, usahakan untuk memilih lokasi rumah yang jalur transportasinya mudah, seperti dekat dengan jalan tol, stasiun kereta atau terminal angkot. Disamping itu, pastikan bahwa rumah kamu terletak di lokasi yang aman dan bukan wilayah rawan banjir.

2. Beli dari Over Credit

Cara yang lainnya adalah kamu bisa mencari informasi tentang rumah yang di-over credit oleh pemiliknya, dengan alasan si pemilik sedang sangat butuh uang, dsehingga dia tidak mampu untuk membayar cicilan atau ingin berniat pindah ke daerah lain. Dengan begitu harga rumah tersebut bisa lebih murah dibandingkan dengan kamu harus membayar cicilan dari pertama.

Walaupun over credit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti, memperhatikan kelengkapan surat-suratnya serta kondisi rumah tersebut. Jangan sampai rumah over credit tersebut justru membuat kamu rugi, karena banyak yang harus direnovasi.

3. Membelinya ketika ada pameran

Manfaatkan momen pameran properti yang rutin diselenggarakan. Pada saat pameran berlangsung biasanya developer akan menawarkan dengan ketentuan diskon atau promo, yang tentu sangat sayang jika terlewatkan dan bisa menjadikan suatu kondisi yang berharga, selain mendapat potongan diskon itu sudah pati mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang lainnya dari hasil promosi tersebut, dan tak jarang konsumen yang mengambil atau membeli rumah pada saat pameran sangat banyak dan begitu antusia.

Anda juga bisa mencari informasi mengenai rumah baru yang  akan mulai diluncurkan atau di-launching bisa melalui brosur, majalah atau tabloid properti, dan tak ketinggalan juga televisi hingga internet selain dari promosi yang di selenggarakan oleh pihak Developer.

 4. Beli Rumah Tua

Untuk alternatif selanjutnya yang bisa kamu pilih, apabila  memiliki anggaran yang tidak terlalu besar untuk membeli rumah adalah membeli rumah tua atau lama, untuk rumah tua atau lama untuk harga jualnya bisa lebih murah dibanding rumah baru.

Akan tetapi, kamu harus tetap cermat dan teliti dalam membeli rumah tua. Perhatikan dulu kondisi bangunan. Walaupun sudah tua, tetapi harus kokoh dan kuat, jangan yang rusak parah atau mau roboh dan juga banyak cacat di mana-mana. Pastikan rumah tua yang akan di beli itu masih layak huni dan harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal dan juga kondisi di sekitarnya tidaklah angker atau menyeramkan.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi