359 Senin, 05 Oktober 2015 | 05:08:44

Tips Hemat Bangun Rumah Sendiri

tips-hemat-bangun-rumah-sendiriCiri Cara

Punya hunian yang nyaman dan bagus merupakan idaman setiap orang, mungkin juga kamu yang sedang membaca tulisan ini. Beberapa cara dapat kamu lakukan untuk memiliki rumah pribadi. Contohnya saja, dengan beli tunai atau kredit ke bank, atau mungkin kamu memilih untuk membangun sendiri dengan konsep dan desain yang di inginkan.

Jika memang pilihan terakhirlah yang menjadi cita-cita kamu, usahakan untuk dapat di realisasikan. Walaupun perlu proses yang lebih lama untuk dapat menempatinya, tapi kamu akan merasa lebih bangga dengan rumah tersebut karena di desain sesuai dengan keinginan dan impian sendiri.

Ada beberapa tips yang sangat membantu agar kami bisa berhemat untuk membangun rumah sendiri:

1. Desain dan Konsep Rumah

Pertama yang harus di miliki adalah konsep atau desain rumah, seperti apa rumah impian yang akan kamu bangun. Apabila ingin lebih hemat, alangkah baiknya memiilih desain atau konsep minimalis saja dan tidak perlu menggunakan jasa arsitektur.

Agar bisa mendapatkan konsep rumah minimalis, kamu bisa mencari contoh untuk desainnya di internet atau bisa di mencarinya di majalah properti. Apabila kamu memiliki keluarga atau teman seorang arsitek, tidak ada salahnya meminta bantuan kepadanya untuk membantu di buatkan konsep atau desain rumah yang kamu inginkan, di samping dapat desain keren dan yang lebih hematnya yaitu gratis tidak mengeluarkan biaya untuk membayar seorang Arsitek.

2. Kontruksi Rumah

Harus diperhatikan juga untuk bentuk rumah, karena akan mempengaruhi pengeluaran biaya nantinya. Pada umumnya bentuk rumah yang kotak atau persegi panjang jauh lebih murah serta efisien dibandingkan dengan bentuk rumah lainnya, tidak seperti bentuk rumah yang bersudut, segitiga, atau yang terlalu banyak lengkungan, karena bentuk yang melengkung akan banyak menyisakan bahan bangunan dan sayang jika tidak di manfaatkan.

3. Observasi Harga Bahan Bangunan

Selain hal di atas perlu juga dilakukan pengecekan harga bahan bangunan, dengan melakukan riset harga bangunan ke beberapa toko bangunan. Pilihlah bahan bangunan yang kualitasnya bagus, awet tetapi untuk harga cari yang agak miring.

Untuk harga bahan bangunan, terkadang banyak toko menawarkan harga yang berbeda untuk barang yang sama.

Maka, dengan melakukan pengecekan ke lapangan mengenai harga bahan bangunan, seperti semen, pasir, tembok, cat, atap dan sebaginya, dengan demikian kamu dapat mengetahui dan memutuskan yang terbaik untuk dibeli.

4. Potongan Harga (Diskon)

Jika pada saat membeli bahan bangunan di sebuah toko bangunan alangkah baiknya jika kamu memanfaatkan potongan harga yang di berikan oleh toko bangunan tersebut, untuk membeli bahan bangunan.

Dengan mendapatkan potongan harga pembelian, dalam jumlah besar atau kecil, dan mungkin teman yang kebetulan pemilik toko bangunan, maka akan mengurangi pengeluaran biaya pembangunan rumah.

Apalagi, jika kamu mempunyai kartu kredit dan kartu tersebut dapat di gunakan untuk membeli bahan bangunan dengan harga diskon ataipun dari harga promosi yang dilangsungkan oleh pihak bank penerbit kartu kredit tersebut.

Dengan menggunakan kartu kredit merupakan hal yang tepat dan sangat menguntungkan bagi kami, asalkan kamu bisa segera melunasinya dan jangan sampai menunggak, bisa juga dengan cara di jadikan cicilan bulanan dengan bunga yang telah di tentukan oleh pihak bank tersebut.

5. Bangun Secara Bertahap

Apabila ternyata uangmu atau budget yang kamu punya tidak cukup untuk membangun utuh rumah sekaligus, bangunlah dengan cara bertahap. Contohnya, dengan membangun pondasinya terlebih dulu. Apabila nantinya uang sudah terkumpul lagi, maka bisa melanjutkannya dengan pembangunan tembok dan atap.

Setelah itu, kamu dapat meneruskan dengan bagian dalam rumah, misalnya kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang tengah, lantai, plafon, teras, pagar dan lainnya.

Cara membangun rumah sendiri dengan sistem bertahap akan lebih murah dibandingkan harus mencicil rumah bertahun-tahun dengan bunga kredit yang makin lama makin menjulang tinggi.

6. Mencari Tukang Yang Profesional

Tahap selanjutnya adalah mencari tukang yang ahli dan profesional. Karena pada tahap ini, kamu harus rajin dan teliti mencari tukang atau kuli bangunan. Hindarkan rasa malas guna mendapatkan tukang yang rajib sekaligus profesional, setelah itu usahakan melakukan negosiasi untuk mendapatkan tariff terbaik.

Untuk tukang yang tinggal jauh dari pusat kota memberikan tarif lebih murah yang tinggal di pusat kota. Maka, ada baiknya untuk membandingkan terlebih dahulu upah tukang yang merekan tawarkan sebelum memutuskan menggunakan jasa mereka.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi