409 Jum'at, 02 Oktober 2015 | 09:10:15

Solusi Jitu Memilih Lokasi Hunian

solusi-jitu-memilih-lokasi-hunianDesign Rumah

Memiliki hunian yang baik dan sesuai dengan apa yang di inginkan memang menjadi keinginan bagi banyak orang.Tetapi, hal tersebut harus dipertimbangkan dengan baik dan benar terutama untuk pemilihan lokasi untuk tempat hunian dan hal itu tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan, karena hunian yang akan kita pilih haruslah masuk dalam katergori yang di inginkan oleh si pembeli.

Saat kita membayangkan tempat tinggal, yang terlintas di pikiran kita biasanya sebuah hunian yang aman dan nyaman tentunya. Tetapi, tidak hanya pada kenyamanan dan keamanan yang ada dalam rumah saja, tetapi juga keamanan dan kenyamanan yang ada di lingkungan dan suasana sekitar hunian yang kita inginkan.

Usahakan untuk jaraknya harus lebih dekat tempat tinggal dan tempat bekerja. Untuk mencari lokasi yang tepat, dibawah ini ada beberapa tips untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat agar bisa memilih lokasi hunian yang sesuai dengan budget dan juga kenyamanan bagi keluarga Anda nantinya.

Perhatikan Kondisi Jalan Utama

Akses atau jalan utama menjadi faktor utama, dimana merupakan titik akses penting menuju ke rumah Anda. Apabila kondisi nantinya tidak baik atau jalannya berlubang dan sulit di jangkau karena lebar jalan yang sempit untuk kendaraan, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan lokasi lain untuk tempat tinggal Anda.

Perhatikan Pelayanan Fasilitas Air, Listrik, dan telepon

Fasilitas lainnya seperti Air, Listrik dan telepon merupakan salah satu syarat kelengkapan rumah Anda. Tetapi, ada kalanya lokasi yang Anda pilih bisa mempengaruhi akses dan kelancaran penggunaan fasilitas tersebut di rumah tangga Anda. Sekiranya lokasi tersebut sering mengalami mati listrik, Anda harus mempertimbangkan faktor ini.

Perhatikan Kebersihan lingkungan

Lingkungan Bersih dan suasana yang nyaman membuat terjaganya kesehatan para penghuninya. Karena kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Jika lingkungan tempat tinggal Anda tidak bersih, maka kesehatan Anda dan keluarga pun akan terancam.

Ditambah mengingat Anda dan keluarga Anda akan selalu menghabiskan waktu yang lama dan bahkan lebih banyak di lingkungan ini. Maka itu, Anda harus memperhatikan kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk jarak dari rumah ke tempat pembuangan sampah sementara, serta selokan yang selalu mampet.

Polusi

Apabila Anda tinggal di kota besar, tingkat polusi menjadi faktor penentu. Apabila tingkat polusi udaranya tinggi, maka kesehatan pun akan terancam. Jika lokasi rumah Anda dekat dengan jalan raya atau jalan besar, maka kemungkinan Anda terkena dampak polusi lebih besar. Selain polusi udara, polusi suara juga dapat mengganggu ketenangan hidup Anda di rumah.

Penghijauan

Lokasi yang lebih banyak penghijauannya tentunya sangat menarik karena memberikan suasana sejuk dan nyaman di lingkungan tersebut.

Dengan adanya penghijauan akan memberikan kesan relaksasi untuk mata. Dengan lebih banyak penghijauan, biasanya kualitas udara akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan tidak adanya penghijauan.

Lokasi Bebas banjir

Banjir memang tidak dapat di prediksi akhir-akhir ini, di kawasan perumahan elite sekalipun menjadi sasaran masuknya dan tergenangnya air di lokasi tersebut, maka sebelum Anda membeli hunian di lokasi yang Anda inginkan sebaiknya perhatikan dahulu daerah tersebut apakah terbebas dari banjir atau bahkan menjadi langganan banjir setiap kali musin penghujan datang.

Bebas banjir merupakam salah satu kriteria terpenting dalam menentukan lokasi rumah. Aktivitas rumah tangga jadi terganggu jika hunian yang Anda jadikan tempat tinggal Anda dilanda banjir.

Selain itu, transportasi pun menjadi sulit serta rusaknya dan barang-barang berharga akibat terendam air. Karena itu, pilihlah lokasi tempat tinggal yang tidak rawan banjir.

Kemudahan bertransportasi

Transportasi merupakan faktor yang utama bagi Anda untuk menentukan lokasi untuk tempat tinggal Anda. Walaupun rumah Anda berada di jalan raya atau dekat jalan raya kemungkinan terkena polusi sangat rentan sekali, namun hal ini menjadi suatu keuntungan bagi Anda karena mudah menggunakan transportasi umum.

Lokasi hunian yang baik yaitu dimana lokasi tersebut dekat dengan fasilitas umum terutama transportasi seperti dekat stasiun, dimana fasilitas tersebut dapat memberikan kemudahan bertransportasi jika suatu waktu-waktu kendaraan bermotor Anda bermasalah, atau jalanan rumah Anda terlanda banjir.

Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis merupaka keuntungan bagi si pemilik hunian, karena dengan begitu Anda dapat menentukan sendiri bahwa tempat tinggal Anda mudah dijangkau oleh keluarga dan sahabat, atau lokasinya dekat dengan tempat yang Anda sering kunjungi.

Pemilihan lokasi tempat tinggal yang strategis sangat penting, karena dilokasi yang strategis itu pula Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan dengan efisien serta waktu yang Anda miliki tidak sering terbuang di dalam perjalanan saja.

Adanya Fasilitas penunjang

Dengan adanya fasilitas penunjang yang meliputi rumah sakit, pusat kebugaran, apotek, kantor pos, pusat perbelanjaan, taman hijau, serta fasilitas lainnya yang akan membuat tempat tinggal Anda menjadi kota mandiri.

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi