327 Rabu, 30 September 2015 | 01:11:45

Pikir Dulu Sebelum Membeli Properti

pikir-dulu-sebelum-membeli-propertiSindo News

Keinginan untuk berinvestasi properti dan menikmati untung besar memang selalu jadi incaran banyak orang sehingga membuat mereka menjadi tidak sabar.

Untuk memiliki bisnis yang satu ini harus mempertimbangkan keputusan yang diambil tidak dengan cara terburu-buru, karena nantinya hasilnya yang di terimanya tak akan sesuai harapan.

Salah satu penulis buku The Next Generation Real Estate : New Rules for Smarter Home Buying & Faster Selling Brendon deSimone menuturkan, bahwa keputusan yang di ambil secara emosional akan berpotensi membuat investasi di sektor properti merugi.

Menurutnya, keputusan emosional mungkin dapat dipakai saat tren investasi properti baru muncul yaitu pada tahun 80an, karena pada saat itu informasi dan arus teknologi masih terbatas.

Untuk pertimbangan di dalam berinvestasi properti tak memiliki banyak syarat. Karena akan sulit bagi calon investor untuk menelusuri rekam detail, legalitas, lokasi dan kondisi fisik bangunan properti secara rinci dan membandingkannya dengan properti lain.

Pertimbangkan dengan matang

Adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, telah memberikan akses informasi mengenai pasar properti semakin terbuka luas.

Bagi para calon investor mendapat kesempatan untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan.

Cara praktis agar mendapat informasi tentang pasar properti saat ini dengan melalui internet. Selain itu, hal penting yang perlu diketahui oleh calon pembeli adalah lokasi, reputasi atau track recordnya pengembang, serta waktu pembelian sekalipun Anda melirik investasi properti mewah.

Jika di bisnis ini, walaupun harga sebuah properti itu tinggi tapi tidak akan menjamin performa baik dari pengembang. Maka dari itu, tidak perlu tergesa-gesa alangkah baiknya pertimbangkan terlebih dulu sisi baik-buruknya.

Gambaran Perkembang Untuk Masa Depan

Apabila ingin melakukan investasi, untuk saat ini investasi terbaik adalah investasi yang sesuai kebutuhan. Jika sudah sesuai dan mendapat informasi yang sangat lengkap, untuk selanjutnya langkah yang di ambil adalah memprediksi perkembangannya di masa depan.

Untuk dapat melihat perkembangannya, Anda harus melakukan pembekalan diri tentang berita properti dan seputar  pasar investasi saat ini.

Penjual properti saat ini sudah jauh lebih cerdas. Jangan mudah terbujuk promosi yang ditawarkan terutama saat pameran.

Janganlah membuat keputusan disaat berinteraksi dengan penjual. Buatlah alasan agar interaksi dapat berlangsung lebih lama, kalau bisa lebih dari sekali.

Kondisi ini sangat membantu untuk menghindari adanya kesan jika Anda mudah tertarik dan sangat membutuhkan properti tersebut, sehingga penjualpun merasa berada dalam posisi tawar lebih tinggi.

Apabila Anda kesulitan dalam memprediksi secara objektif, gunakanlah jasa agen properti untuk memberi pandangan. Jika informasi yang didapatkan sudah sesuai dan tepat, dapat di tarik kesimpulan bahwa investasi tersebut cukup aman dan pas untuk Anda, maka disinilah saatnya memutuskan untuk membeli properti sebagai investasi Anda.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi