80 Senin, 28 September 2015 | 07:02:26

Tips Bangun Rumah Di Lahan Sempit

tips-bangun-rumah-di-lahan-sempitDesain Gambar

Ibukota Jakarta, dimana identik dengan kemacetan dan populasi penduduk yang kian hari semakin bertambah, faktor inilah yang menyebabkan kebutuhan hunian atau tempat tinggal menjadi masalah utama bagi Pemda DKI.

Sebagai salah satu kota yang padat dan mempunyai lahan yang sangat terbatas, Jakarta tentu membutuhkan tips bagaimana agar lahan yang sempit dapat di buat sebagai hunian untuk dapat menjawab kebutuhan rumah warganya.

Salah satu desain hunian yang dapat di contoh bagi Indonesia adalah kota Tokyo, kota tersebut mungkin bisa menjadi contoh yang tepat, karena memiliki desain rumah yang unik di lahan yang sempit.

Bangunan yang dibangun tepat pada sebuah gang yang padat dengan rumah-rumah lainnya, dengan luas lahan hanya 1,8 meter, rumah ini dibangun empat lantai, tetapi suasana didalamnya sangat nyaman dan layak untuk di tinggali.

Rumah dengan panjang 10,97 meter ini dibangun oleh biro arsitektur YUUA di atas lahan yang sebelumnya hanya sebuah gang di antara dua bangunan rumah.

Bentuk bangunan ini dilengkapi dengan empat jendela besar  yang menghadap ke jalan, memperlihatkan sedikit denah di dalam bangunan mungil ini. Serta memiliki jendela-jendela besar yang memberikan pencahayaan alami yang optimal pada siang hari.

Gaya minimalis pada interiornya ditujukan untuk memberi kesan terbuka serta ringan, agar bangunan tidak terasa sempit. Sedangkan, penggunaan material logam dan metal lainnya ditujukan untuk memantulkan pencahayaan agar terang dan ruang terlihat lebih luas.

Namun, biasanya untuk hunian sempit cat yang di gunakan adalah berwarna terang agar tampak luas, arsitek YUUA bahkan mengambil risiko dengan memberi warna gelap untuk menegaskan gaya minimalis.

Interior pada rumah ini terbagi atas beberap area, diantaranya area penyimpanan di lantai basement dan di ruang belajar di lantai dua yang dilengkapi dengan kamar tidur di belakangnya.

Ruang bersifat semi publik seperti dapur, ruang makan, dan ruang tamu, berada di lantai ke tiga. Kemudian dilantai yang paling atas berisikan ruang-ruang privat seperti kamar tidur utama, kamar mandi, dan teras bersantai.

Sungguh sulit dipercaya bahwa rumah yang luasnya terbatas dan hanya selebar gang kecil tersebut dapat didesain sedemikian nyaman dan sangat rapi serta desain yang di gunakan pun minimalis.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi