1746 Sabtu, 19 September 2015 | 03:24:05

Tips Menata Tanaman Pot Gantung

tips-menata-tanaman-pot-gantungblogspot

Sedang bingung untuk menata tanaman Anda, karena halaman yang Anda miliki Sempit ? Tidak perlu risau dan resah, karena ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menata tanaman gantung Anda agar terlihat indah dan rapi.

Untuk halaman rumah yang biasanya sering digunakan untuk menanam tanaman, bermain atau sekedar di buat garasi mobil dan sepeda motor, bisa di jadikan sebuah taman dengan cara mudah dan simpel, karena setiap rumah harus memiliki tanaman hijau agar terlihat asri dan indah serta dapat memberikan kesan yang ceria.

Tidak Hanya itu, fungsi dari tanaman tersebut untuk mengatur sirkulasi udara di rumah Anda. Tapi dengan rumah yang memiliki halaman sempit, bagaimana agar bisa meletakkan tanaman tersebut ?

Caranya dengan menggunakan tanaman pot gantung, salah satu alternatif atau solusi yang bisa di gunakan. Di sini kita akan membahas tentang bagaimana fungsi dan penggunaan tanaman pot gantung yang baik dan benar.

Tanaman pot gantung mempunyai keindahan menonjol

Umumnya, rumah tentu memiliki tembok atau dinding halaman yang makin lama akan mulai terkelupas atau catnya mulai pudar. Ini bisa Anda usahakan dengan membuat tanaman pot gantung.

Namun, jika tidak ada tanah lagi yang bisa ditanami di halaman rumah. Anda juga dapat membuat gantungan di plafon halaman rumah.

Memilih tanaman yang sesuai

Apabila Anda berkunjung ke tempat penjual bunga atau tanaman, Anda mungkin akan melihat beberapa pilihan tanaman pot gantung yang sangat banyak. Harganya tentu bervariasi tergantung jenis dari bunganya.

Untuk jenis tanaman pot gantung yang pas biasanya yang berjenis akar serabut dan yang tahan terhadap sinar matahari.  Selain itu, jenis tanaman hias yang bisa di gunakan juga bervariasi seperti gantung bawang rambat, petunia ungu, portulaka dan kantong semar serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis pot berikut gantungannya

Umumnya, untuk macam-macam pot gantungnya bisa berasal dari pot plastik, ataupun tanah liat ada juga yang terbuat dari bambu yang dibelah serta botol plastik bekas minuman ringan.

Akan tetapi, biasanya kebanyakan orang suka dengan pot plastik, disamping mudah menemukannya, ringan tentu dan yang paling penting awetnya, selain itu pot plastik jga tidak mudah pecah jika jatuh nantinya, serta tahan terhadap cahaya matahari.

Selain itu, pot plastik sangat mudah untuk dilubangi pada bagian bawahnya, karena untuk tanaman pot gantung sangat membutuhkan lubang pembuangan air yang baik. Sementara untuk penggantungnya bisa dibuat dari kawat, tali plastik atau tali ijuk agar tidak mudah putus.

Penataan Pot Yang Benar

Tanaman pot gantung yang berjenis anggrek, tak perlu repot untuk merawatnya, Anda hanya cukup meletakkan beberapa arang saja di dalam wadah atau pot tersebut lalu gantungkan pada batang pohon kelapa atau apapun, dan nantinya tanaman anggrek tersebut akan tumbuh dan berbunga.

Tetapi, untuk tanaman pot gantung lain, Anda harus mencampuri beberapa bahan seperti tanah kebun, pupuk kandang dan humus dengan mempunyai perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah tercampur semuanya, berikan lapisan ijuk, gunanya agar tanah tidak terbawa air ketika disiram.

Pada penataan tanaman pot gantung, sebaiknya lebih banyak berkreasi dari tempat gantungnya. Untuk bunganya, hampir semua tanaman gantung pot memiliki bunga yang sangat bagus.

Permainan tempat tanaman gantung pot menjadi kunci agar halaman rumah Anda terlihat indah. Semoga beberapa tips diatas dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagaimana cara menghiasi rumah dengan pot gantung, dan juga dapat di coba bagi Anda yang ingin memiliki pot gantung dengan tatanan yang baik dan benar, sehingga terkesan indah jika di lihat.

 

Sumber : Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi