423 Kamis, 17 September 2015 | 03:05:23

Cara Jitu Merawat Roof Garden

cara-jitu-merawat-roof-gardenpattiocubee

Dengan meningkatnya pembangunan properti saat ini, menjadikan lahan terbuka hijau semakin sedikit dan bahkan sulit di temukan saat ini.

Untuk menyiasati masalah lahan hijau tersebut, ada salah satu cara yang di pakai oleh masyarakat yaitu denganmembuat lahan terbuka hijau dengan tehnik roof garden di atap rumah atau gedung untuk menggantikan halaman. Hasilnya sangat menakjubkan, indah dan efektif, tapi tentu membutuhkan perawatan seperti halnya taman biasa, dan dibawah ini ada beberapa tips jitu guna merawat roof garden yang Anda miliki di rumah Anda.

1. Pupuk dan pengairan

Untuk tetap terlihat alami dan indah kebun atap pada umumnya dibuat dengan lapisan tanah yang relatif tipis, agar mengurangi berat yang dibebankan pada atap. Hal itu menyebabkan tanaman kekurangan nutrisi sehingga membutuhkan pupuk tambahan agar tetap hidup dan tumbuh dengan sempurna.

Sebaiknya Anda harus rutin memberikan pupuk yang jenisnya mudah terurai dari satu titik ke titik yang lain pada roof garden. Apabila roof garden Anda berada di atap dengan tingkat kemiringan yang besar, kemungkinan air hujan akan cepat terbuang sebelum benar-benar terserap tanah.

Maka, Anda harus membuat sistem irigasi, dimana air yang dikeluarkan hanya setetes demi setetes namun di gunakan dalam jangka waktu rutin. Hal Ini sangat baik, karena dapat mencegah air menggenang di permukaan tanah karena penyerapan yang lambat.

2. Pemangkasan

Walaupun tanaman yang di tanam pada roof garden tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan taman pada umumnya, bukan berarti tidak perlu melakukan pemangkasan.

Lakukan pemangkasan secara rutin dan harus tetap memastikan tanaman di roof garden tersebut terbebas dari gulma. Pemangkasan pada ujung-ujung tanaman yang mulai tua dan layu juga sangat dibutuhkan agar penyerapan nutrisi tetap optimal.

3. Lapisan membran

Pada saat pembuatan roof garden, selalu lengkapi dengan lapisan membran agar dapat menjaga air dari permukaan tanah dan tidak membasahi permukaan atap bangunan. Alangkah baiknya lapisan membran dicek secara rutin dan bergantian dari satu petak ke petak lain pada roof garden Anda.

4. Hama

Cahaya matahari yang cukup, irigasi yang terjaga, serta tanaman yang terawat pastinya akan membuat roof garden yang Anda miliki menjadi lahan yang menggiurkan untuk hama serangga ataupun tikus.

Perhatikan tanda-tanda kedatangan hama seperti daun yang tidak utuh, adanya kotoran binatang, ataupun sarang. Bersihkan secara rutin untuk mencegah penyebarannya atau gunakan obat pembasmi.

Semoga tips jitu ini bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki roof garden di rumah, dan cara praktis ini akan memberi manfaat untuk roof garden Anda, agar selalu tampak indah dan bersih.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi