303 Selasa, 15 September 2015 | 06:07:20

Solusi Aman Renovasi Rumah Bagi Penderita Asma dan Alergi

solusi-aman-renovasi-rumah-bagi-penderita-asma-dan-alergipopeti

Banyak yang harus di pertimbangkan untuk memperhitungkan setiap proyek, termasuk ruang bekerja, anggaran dan hasil yang di inginkan.

Namun, Anda juga harus berpikir tentang orang-orang yang akan menggunakan ruangan yang tengah dikerjakan tersebut, terutama apabila nanti ada salah satu dari mereka menderita alergi atau asma.

Mungkin Anda berpikir akan melakukannya sendiri atau menyewa seorang yang ahli dalam bidang yang Anda butuhkan, karena di setiap proyek memiliki potensi untuk membuat hidup lebih mudah bagi penderita alergi dan asma dimana mereka akan tinggal di rumah Anda.

Untuk dapat membantu Anda menciptakan lingkungan yang terbaik untuk mereka, ada beberapa solusi yang dapat di gunakan.

1. Lemari
Apabila ingin mengganti atau menambah lemari, ada baiknya di pertimbangkan terlebih dahulu, mislanya saja pressed wood, particleboard atau papan komposit.

Bahan-bahan seperti diatas tidak baik di gunakan, karena dapat mengeluarkan senyawa organik tingkat tinggi yang mudah menguap seperti formalin dan menimbulkan bau yang tidak baik untuk pernapasan.
Lemari yang cocok digunakan bagi penderita asma dan alergi di rumah Anda adalah lemari yang berbahan rendah volatile organic compound (VOC).

2. Jendela
Bagi penderita alergi dan asma sangat rentan terhadapa jamur dan debu, karena dapat mengganggu pernapasan bagi. Faktor ini sangat berbahaya bagi kesehatan, misalnya jamur, dimana dapat tumbuh di area yang lembab di dalam rumah Anda, yang datang melalui pintu atau jendela.

Jendela baru pada umumnya dapat memberikan manfaat hemat energi, dan dapat memperbarui aliran udara. Begitu pun dengan pintu, dimana dapat mengurangi kelembaban, sehingga menjauhkan tumbuhnya dan berkembangnya jamur dan lumut.

3. Kualitas udara
Pada umumnya penderita alergi dan asma harus berada pada ruangan yang bersih dan nyaman dengan kualitas udara yang baik. Untuk sistem pemanas atau pendingin udara, ventilasi dan pendingin udara juga harus di perhatikan agar dapat meningkatkan kualitas udara.

Apabila Anda memiliki pendingin ruangan, pastikan secara rutin mengganti filternya. Anda harus memastikan saluran udara di rumah tidak terhalang dan cukup besar untuk mengalirkan air secara efektif.

4. Lantai
Untuk pemilihan lantai jika ada rencana untuk mengganti, alangkah baiknya gunakan lantai kayu. Lantai kayu sangat aman dan ramah bagi penderita asma dan alergi daripada karpet.

Untuk Anda yang masih menggunakan karpet untuk kamar Anda, ingatlah selalu agar melakukan vakum secara rutin dan berkala. Anda juga harus segera membersihkan tumpahan pada karpet.

5. Perhatikan kebocoran
Air yang merembes pada dinding rumah dari pipa yang bocor, menciptakan kelembaban dan dapat menjadi sumber jamur. Hal ini menunjukkan adanya potensi kerusakan yang lebih besar. Untuk masalah ini harus segera diatasi sebelum kerusakan air di rumah Anda dan menyebabkan jamur serta lumut menjadi masalah yang serius.

Untuk proyek renovasi rumah yang tepat tidak hanya menguntungkan rumah sendiri tetapi semua orang yang tinggal di dalamnya, termasuk orang dengan penyakit asma dan alergi serta orang yang melihat rumah Anda. 

Untuk memulai renovasi rumah pertimbangkan terlebih dahulu apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki rumah dan anggota keluarga lainnya, agar tetap merasa nyaman didalam rumah Anda.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi