256 Kamis, 13 Agustus 2015 | 10:53:15

Solusi Cari Modal Untuk Usaha Pemula

solusi-cari-modal-untuk-usaha-pemulaaturduit

Pada umumnya setiap orang menginginkan memiliki usaha sendiri namun selalu yang menjadi kendala bagi mereka adalah hal permodalan dalam arti lain tidak ada dana untuk memulai usaha. Bagi seorang  pemula di dalam dunia usaha, biasanya dimulai dari membuka usaha berskala kecil terlebih dahulu sekedar untuk menambah pengalaman.

Melalui  usaha berskala kecil inilah, maka seseorang dapat  mengembangkan usahanya. Setiap usaha pasti ada yang namanya  tantangan dan tantangan utama di dalam membuka usaha kecil ini adalah dalam hal permodalan. Cari modal untuk melakukan usaha kecil tidak gampang. Tidak sedikit juga orang  yang kemudian menghentikan niatnya untuk membuka usaha  sebelum memulai hanya karena terhambat dari segi pendanaan.

Sebenarnya ada  cara yang dapat dilakukan oleh sesorang untuk membuka usaha kecil, semua itu  tergantung dari seberapa besar kemauan seseorang untuk membuka sebuah usaha.

Jika ingin ingin membuka bisnis sendiri, meskipun masih dalam skala kecil, namun tetap membutuhkan suatu keseriusan serta komitmen supaya  bisa menghasilkan sesuatu sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika hanya dilakukan dengan setengah hati ataupun hanya sekedar iseng-iseng  maka hasilnya tentu saja tidak akan maksimal.

Untuk yang memang benar-benar  sedang cari modal untuk membuka usaha kecilnya, dapat ditempuh dengan cara :

Pinjam ke bank

Melakukan pinjaman ke bank biasa cara yang banyak ditempuh oleh orang-orang yang sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan ataupun untuk memulai usahanya. Cara ini ditempuh karena dinilai memiliki tingkat resiko yang kecil.  Untuk orang yang baru memulai usahanya dan ternyata tidak menghasilkan, tetap wajib membayar pinjamannya bahkan berikut dengan bunganya. Namun, tidak semua bank dapat dengan mudah memberikan pinjaman, terlebih jika usaha tersebut  baru saja dimulai.

Kerja sama

Kerja sama yang dimaksud disini adalah membangun usaha dengan cara mengumpulkan modal patungan misalnya mengumpulkan beberapa teman ataupun family yang mempunyai harapan dan cita-cita seperti apa yang Anda harapkan. Dengan beditu dapat saling membantu dan patungan untuk modal awal usaha. Bisa juga apabila  Anda sudah memiliki pengalaman, Anda dapat mencari investor yang sudah Anda dikenal.

Kredit Tanpa Agunan

Mengajukan KTA atau Kredit Tanpa Agunan, dengan cara ini juga bisa menjadi salah satu alternatif yang cukup efektif, hal ini dapat dilakukan apabila Anda belum mempunyai modal yang cukup, namun  tidak mau berhutang, dan Anda juga belum bisa menemukan investor atau orang yang dapat Anda ajak kerja sama. Untuk cara ini memang cukup memerlukan  waktu lama, tetapi dengan kredit  tanpa agunan bank boleh dikatakan resikonya jauh lebih kecil.

Program Kreativitas Mahasiswa

Apabila  Anda adalah seorang mahasiswa, maka Anda dapat mengajukan proposal mengenai bisnis Anda ke PKM untuk  mendapatkan pinjaman.

Dengan alternatif diatas Anda tak perlu ragu lagi untuk memulai usaha kecil baru Anda. Alternatif ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, itu tergantung dari  Anda sendiri yang memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda. Satu hal yang harus Anda ingat apabila ingin menjalankan usaha kecil yaitu harus selalu konsisten dan juga berkomitmen. Terutama ketika saat modal usaha sudah didapat dan usaha sudah dimulai agar apa yang diharapkan dapat sesuai dengan hasil yang didapat.

Sumber : transitionnetwork

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi