607 Selasa, 04 Agustus 2015 | 01:49:07

Beli Rumah Cara KPR, Ini Caranya

beli-rumah-cara-kpr-ini-caranyarumah123

Memiliki rumah impian sesuai dengan budget dan dalam waktu yang cepat dapat  melalui kredit kepemilikan rumah ( KPR ) tetapi apabila kurang dalam perhitungan pastinya akan mendapatkan beban dikemudian hari.

Saat ini untuk mencari pinjaman uang tunai kepada bank sangat sulit, oleh sebab itu apabila kita mempunyai uang lebih maka alangkah baiknya uang pinjaman yang didapat dari bank dipergunakan sebagai modal usaha, dengan begitu kita dapat membantu orang dalam membuka lapangan kerja, dan untuk hasilnya bisa disisihkan untuk angsuran rumah KPR.

Jika ingin memiliki rumah tentunya ada berbagai pertimbangan yang harus  dipikirkan terutama dalam memilih lokasi rumah yang akan di ajukan melalui  KPR, yaitu:

1 . Sebaiknya lokasi yang akan di ajukan KPR untuk rumah sedapat mungkin harus dekat dengan lokasi kerja atau tempat dimana kita melakukan usaha.
 
2 . Carilah akses jalan untuk menuju ketempat kerja atau usaha bagus, banyak melalui pemandangan atau alam yang dapat menyegarkan pikiran.

3. Pilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah favorit, rumah sakit dan sebagainya.

4. Posisi rumah cari yang menghadap ke timur agar mendapatkan  sinar matahari yang cukup dipagi hari.  Dan jika arah rumah menghadap barat maka keuntungan yang didapat bisa melihat matahari terbenam disore hari. Suhu panasan pada teras disiang hari, dapat di imbangi dengan cara menanam pohon peneduh.

Apabila lokasi rumah yang akan dipilih telah didapat serta sudah cocok dengan model rumah yang diinginkan, pastinya kita tidak ingin kalau permohonan KPR kita sampai ditolak oleh pihak bank. Oleh karena itu kita harus dapat memperhitungkannya dengan tepat, caranya sangat mudah yakni, pada umumnya pihak Bank hanya akan menyetujui untuk cicilan maksimal 30% dari total gaji yang diterima tiap bulannya.

Didalam menentukan jumlah angsuran serta  waktu pinjaman dapat dilihat dari besarnya  angsuran harga beli rumah yang di tawarkan oleh pengembang kemudian dikurangi uang muka yang dibayarkan. Dengan begitu akhirnya pihak bank akan menentukan total angsuran dan lama angsuran dibayarkan.

Ada beberapa bank terpercaya  yang menyediakan jasa KPR, hal ini demi keamanan angsuran kita dan dokumen surat – surat rumah yang jadi jaminan. Bank-bank terpercaya tersebut antaralain, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI.

Persyaratan yang diminta juga relatif standar seperti,

1.Surat keterangan gaji jika Anda adalah seorang pegawai dan keterangan penghasilan jika Anda seorang Wirausaha.
2. Apabila rumah yang diajukan adalah rumah subsidi pemerintah maka harus dilampirkan surat keterangan belum pernah memiliki rumah atau surat keterangan sedang mengontrak dari RT setempat.
3. Foto copi KTP
4. Foto copi Kartu Keluarga
5. Foto copi mutasi tabungan dari pihak bank.

Apabila semua persyaratan telah  dipenuhi, dan telah  disetujui, maka kewajiban yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membayar angsuran  tepat pada waktunya supaya  tidak  terkena denda tunggakan sehingga rumah KPR kita tidak disita dan ditempel stiker ” RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK “.

Semoga manfaat.

Sumber : ilmusipil
    

    

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi