7 Sabtu, 01 Agustus 2015 | 02:25:06

Hal-hal yang Diperhatikan Jika Beli Rumah Dengan Cara KPR

hal-hal-yang-diperhatikan-jika-beli-rumah-dengan-cara-kprurbanindo

Dengan menggambarkan mengenai harga pasaran rumah yang tepat serta sesuai dengan budget yang  Anda inginkan maka dapat diawali dengan  melakukan survei terhadap fasilitas yang akan ditawarkan oleh para penyedia produk KPR yang ada dalam hal ini pihak Bank.

Anda dapat mengetahui besar dana yang harus disediakan guna  untuk mengakses fasilitas KPR, seperti  uang muka serta cicilan dan  bunga yang diberikan pihak Bank.

Untuk memilih produk KPR yang tepat seharusnya Anda dapat mengamati tentang beberapa hal, seperti reputasi institusi yang menyelenggarakan  KPR seperti  fasilitas suku bunga serta manfaat-manfaat layanan dan bantuan yang ditawarkan pada saat KPR berjalan. Misalnya ada atau tidaknya penalti apabila dilakukan pelunasan lebih awal serta biaya administrasi dan lain sebagainya.

Satu hal yang terpenting sebelum Anda melakukan pengajukan KPR, adalah tentang kesiapan dana serta komitmen Anda karena  masa tenor pada  umumnya berlangsung  selama belasan sampai puluhan tahun. Dengan begitu maka Anda harus menyiapkan uang muka (down payment) sekitar  20 hingga 30 persen dari harga rumah dan sisanya dapat dicicil selama masa tenor.

Menurut , EVP Head of Retail Banking Service Commonwealth Bank Anwar Zaenudin bahwa dana yang dibutuhkan untuk uang muka atau yang biasa disebut sebagai down payment tidaklah sedikit maka diperlukan kesiapan konsumen dalam penyediaan dana tersebut.

Pada saat  mengajukan KPR perlu adanya persiapan dana yang direncanakan jauh sebelum kredit tersebut diajukan dapat dilakukan dengan cara menabung ataupun diawali dengan berinvestasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih KPR antara lain :

1 . Bunga KPR

2.  Bunga Floting

3.  Biaya provisi dan administrasi, dan

4.  Biaya pinalti jika konsumen melakukan pelunasan dengan cepat.

Dengan adanya perencanaan yang cermat  serta kesiapan yang tepat maka apa yang diharapkan dalam hal memiliki rumah impian dapat terwujud dengan lancar dan tersusun.

Semoga Manfaat,

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi