378 Sabtu, 20 Juni 2015 | 02:13:58

Punya Rumah Sendiri, Ini Caranya

punya-rumah-sendiri-ini-caranyaIlustrasi

Hal yang diinginkan manusia di bumi ini mungkin adalah memiliki rumah sendiri, atau jika telah berkeluarga dan bosan serumah dengan orang tua, pastinya sepasang suami istri ingin memiliki hunian sendiri.

Jika menyewa atau kontrak, maka ada kewajiban yang dikeluarkan tiap bulannya untuk membayar sewa. Dari hal tersebut banyak orang yang menginginkan rumah sendiri dibanding menyewa rumah.

Berikut tiga cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rumah sendiri.

1. Beli dengan Cara Cash
Membeli rumah dengan cara cash bisa saja menjadi pilihan yang tepat, tidak membutuhkan proses yang rumit dan anda tidak pusing lagi memikirkan angsuran kredit setiap bulannya.

Namun membeli rumah dengan cara cash mengharuskan kita punya uang yang cukup, yaitu seharga rumah yang akan kita beli, dan ini tentu saja sulit apalagi kita hanya berpenghasilan pas-pasan.

Dengan cara menabung dalam waktu lama rasanya akan sulit untuk membeli rumah sendiri, alasannya adalah harga rumah selalu mengalami kenaikan yang cukup tinggi setiap tahunnya, jadi saat anda sudah menabung dalam waktu yang lama untuk harga rumah yang anda impikian, seringkali pada saat anda membelinya 5 tahun berikutnya akan mengalami kenaikan harga tinggi atau dua kali lipat.

Cara ini mungkin dapat dilakukan oleh seorang yang memiliki penghasilan lumayan baik.

2. Cash Bertahap
Berikutnya untuk memiliki rumah sendiri, anda bisa membeli dengan cara cash bertahap ataupun cash keras. Caranya dengan mencari developer perumahan, developer biasanya mempunyai beberpa jenis pembayaran untuk pembelian rumah salah satunya dengan cash bertahap. Lama cicilan bisa bervariasi seperti 6x cicilan,12x cicilan,18x cicilan, 24x cicilan dan seterusnya.

Disini rumah yang anda beli akan di cicil hingga lunas sesuai dengan lama waktu cicilan yang anda pilih , untuk itu sesuaikan besar cicilan dengan penghasilan anda setiap bulannya.

3. Memanfaatkan KPR
Nah, kalau cara yang satu ini sudah yang paling umum di gunakan orang untuk membeli rumah. KPR (Kredit Pemilikian Rumah) merupakan fasilitas pembiayaan pembelian rumah oleh bank sebesar 70% atau 80%.


Sumber : Usaha Properti

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi