656 Kamis, 04 Juni 2015 | 09:21:35

Tips Aman Menjaminkan Sertifikat

tips-aman-menjaminkan-sertifikatPaPerworejo

Ketika anda mengajukan kredit uang kepada kreditur, tentunya saja kreditur meminta jaminan supaya kredit anda diterima. Salah satu jaminan yang sering diminta oleh kreditur adalah sertifikat tanah. Jaminan berupa sertifikat tanah sangat beresiko karena bisa saja disalahgunakan dan dipindah tangankan oleh kreditur dengan ilegal dan akhirnya akan berdampak buruk pada anda yang salah mempercayai kreditur.

Untuk mengantisipasi hal itu, ada beberapa hal yang perlu anda peratikan sebelum memberanikan diri menjaminkan sertifikat tanah kepada kreditur, yakni :

  1. Anda perlu memastikan bahwa kreditur tempat anda meminjam dana harus kredibel dan track recordnya bagus. Dengan begitu sertifikat anda tetap aman ditangannya. Tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa kreditur tersebut benar-benar baik dengan cara bertanya kepada pihak lain yang tidak bersangkutan dengan kreditur.
  2. Anda perlu memeriksa keaslian alamatnya sehingga dapat ditemui sewaktu-waktu dan dapat memantau gerak-geriknya. Hal ini untuk mengantisipasi kreditur tersebut menyalah gunakan dan memindah tangankan sertifikat tanah anda kepihak lain yang tidak bertanggung jawab.
  3. Anda perlu membuat perjanjian dihadapan notaris saat menjaminkan sertifikat tersebut. Hal ini sangat membantu Anda ketika nantinya mengalami masalah dengan sertifikat yang dijaminkan itu, dan Anda memilih untuk menyelesaikan masalah itu melalui jalur hukum. Perjanjian tersebut dapat dijadikan sebagai alat bukti di pengadilan.
  4. Supaya sertifikat Anda aman, sebaiknya dijaminkan ke bank. Bank akan membuat Akta Pemberian Hak Tanggungan (APTH) sebagai jaminan pelunansan hutang Anda. APTH ini akan menjamin keamanan keamanan sertifikat tanah Anda. Namun seandainya Anda tidak sanggup lagi melunasi hutang dan wanprestasi (tidak memenuhi kewajiban seorang krditur), maka pihak bank dapat menindah tangankan sertifikat Anda.

Dengan milih lembaga yang baik secara kredibilitas untuk menjaminkan sertifikat anda, maka kemungkinan penyalahgunaan sertifikat anda akan tidak ada.

 

 

Sumber : L & J A Law Firm

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi