513 Sabtu, 23 Mei 2015 | 02:46:31

Dahulukan Mobil atau Rumah

dahulukan-mobil-atau-rumahkreditgogo

Hidup itu tak lepas dari sebuah pilihan.  Mau menikah atau mau karier dulu?  Setelah menikah milih lagi mau langsung punya anak atau tunda dulu, begitu pula saat dihadapi pilihan beli rumah dulu atau beli mobil dulu. Sementara kalau dipikir-pikir kedua pilihan itu sama pentingnya. Tapi untuk mewujudkan keduanya,  keuangan tidak memungkinkan.

Mike Rini Sutikno, seorang Finansial Planner mengatakan dalam kehidupan tidak semua orang memiliki kasus yang sama jadi jawaban nya tidak mungkin sama karena kondisinya juga berbeda. Misalnya kasus yang dialami orang yang sudah berumah tangga pastilah tidak sama dengan kasus orang yang masih lajang.

Adanya dua pilihan dalam kehidupan menurut Mieke memang sering kali membuat orang bimbang. Kedua pilihan dianggap sama pentingnya.  Jadi disini untuk seorang lajang silahkan saja jika ingin membeli mobil terlebih dahulu apabila keputusan itu adalah perlu untuk menunjang kariernya.

Seorang lajang membeli mobil dengan cara kredit paling lama sekitar 3 tahun pelunasannya. Tapi jika si lajang sudah memiliki calon istri hal keputusan ini harus dipertimbangkan lagi. Karena jika sudah punya calon pendamping maka harus memikirkan siklus hidup selanjutnya. Apabila sudah ada rencana menikah dalam waktu dekat sebaiknya siapkan rumah, setelah itu siapkan biaya pernikahan barulah membeli mobil.

Untuk pasangan yang telah menikah, mobil dan rumah dibeli secara paralel. Sebagai contoh jika pasangan menikah namun masih tinggal dirumah orangtua maka pendapatan bulanan mereka dapat dipergunakan untuk membeli mobil. Nah’ apabila ada uang THR, bonus dan lain sebagainya diluar gaji dapat dipergunakan untuk DP rumah,  jika rumah tersebut belum mau ditempati karena masih memilih tinggal dengan orangtua maka rumah tersebut dapat disewakan dan dari uang hasil sewa dapat dipergunakan untuk menambah bayar cicilan rumah.

Dalam hal ini yang harus benar-benar Anda perhatikan dan hindari adalah kebiasaan orang jika sudah punya mobil bawaannya mau jalan –jalan terus sehingga mengakibatkan adanya biaya yang tidak semestinya dikeluarkan malah jadi dikeluarkan akhirnya keuangan  Anda jadi tidak teratur karena boros.

Secara psikologis cara pikir orang berbeda jika Anda tergolong orang tidak mau menumpang dirumah orangtua ada baiknya jika Anda lebih mendahulukan membeli rumah ketimbang membeli mobil, karena bagai manapun juga jika orang yang sudah berumah tangga lebih baik untuk hidup di rumah sendiri. Tetapi jika Anda dengan pasangan Anda sama-sama bekerja dan setelah dihitung-hitung pendapatan Anda dan pasangan memungkinkan untuk membeli keduanya itupun sah-sah saja sejauh keuangan Anda baik-baik saja.

Jadi kesimpulannya membeli rumah adalah lebih penting dari membeli mobil. Jika ingin membeli mobil dapat dilakukan pada tahap selanjutnya.

Semoga Manfaat.

Sumber : dompetpintar


📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi