647 Senin, 27 April 2015 | 04:08:32

Lebih Untung Beli Rumah Atau Beli Tanah

lebih-untung-beli-rumah-atau-beli-tanahhipwee

Setiap orang yang sudah berkeluarga memiliki sebuah rumah adalah menjadi impiannya. Terkadang kita bimbang beli tanah kemudian bangun rumah sesuai dengan desain yang kita mau atau beli rumah yang  sudah didesain kalau ada yang tidak cocok tinggal di renovasi saja.  Kalau kita telusuri keduanya memiliki keunggulan tersendiri, baik beli tanah ataupun beli rumah memiliki sisi positif yang berbeda.
Semuanya balik lagi ke diri Anda sendiri karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk Anda dalam memilih investasi ini :

1. Membeli Tanah

Jika Anda memilih untuk membeli tanah itu artinya Anda berniat untuk membangun rumah sendiri.  Yang harus Anda pertimbangkan disini adalah berhati-hatilah, perhatikan dengan teliti mengenai surat-surat dari tanah tersebut sebaiknya cek terlebih dahulu ke BPN setempat dan Dinas Kota/ Daerah hal ini untuk memastikan apakah lahan yang Anda beli tersebut diperbolehkan untuk membangun rumah tinggal yang sesuai dengan keinginan Anda. Apabila Anda tinggal di DKI Jakarta informasi ini bisa Anda dapatkan di kantor  Kecamatan setempat. Setelah itu buatlah blue print untuk membuat IMB. Jika Anda sudah memiliki IMB barulah Anda mulai membangun sesuai dengan desain yang Anda ajukan. Bangunlah ruangan-ruangan yang penting terlebih dahulu misalnya Ruang Tamu, Kamar Tidur, Kamar Mandi dan Dapur. Setelah ruangan inti terpenuhi barulah jika masih ada dana, Anda dapat  menambah kamar tidur dan ruangan lainnya seperti ruang keluarga, kamar pembantu, garasi, dan sebagainya.

2.  Membeli Rumah Jadi

Jika Anda adalah seorang yang mempunyai waktu sedikit karena kesibukan Anda maka alternative membeli rumah jadi adalah pilihan yang paling tepat karena tidak perlu terlalu banyak waktu yang terbuang untuk mengurus ini dan itu. Anda  mendapatkan mengajukan rumah dengan sistem KPR di bank. Anda juga bisa  langsung memiliki dan menempati rumah meski hanya membayar maksimal 30 persen dari harga rumah. Legalitas dari rumah tersebut juga  lebih terjamin. Mengenai biaya lebih murah dibandingkan dengan membeli tanah. Mendapatkan berbagai fasilitas dari perumahan tersebut, seperti  sekolah, mall, pasar, bank, dll.

Semoga Manfaat

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi