407 Rabu, 08 April 2015 | 11:29:39

Lokasi Paling Menghasilkan Untuk Investasi Properti

lokasi-paling-menghasilkan-untuk-investasi-propertiIlustrasi

Bisnis properti sudah tidak diragukan lagi dan sudah menjadi instrumen investasi yang sangat menarik. Pada tiga hingga empat tahun yang lalu lokasi yang wilayah tingkat pertumbuhannya mulai berkembang seperti Serpong, Tangerang dan Banten, harga perumahan di wilayah ini kenaikannya bisa mencapai hingga 30 – 50 persen per tahunnya bahkan ada yang lebih dari itu.

Investasi properti seperti inilah yang banyak dicari orang karena menguntungkan jika propertinya di jual. Dalam hal ini jika konsumen menjual propertinya maka pihak konsumen akan meraup keuntungan dari capital gain atau kenaikan harga. Keuntungan yang lebih juga bisa didapatkan oleh konsumen jika investasi di lokasi yang tepat. Apabila konsumen berinvestasi properti di lokasi yang tepat maka keuntungan yang didapat bukan hanya dari capital gain namun juga akan mendapatkan berupa dana segar bulanan ataupun tahunan, yakni dengan cara menyewakan properti yang dimiliki oleh karena itu konsumen harus lihai dalam memilih lokasi untuk berinvestasi properti.

Kawasan ataupun lokasi yang berpotensi untuk melakukan sewa menyewa yang tepat dan menguntungkan adalah daerah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Daerah Cikarang merupakan pusat industri terbesar di Indonesia untuk saat ini. Hampir sekitar 35 persen para pemodal Asing menanamkan modalnya di sektor manufaktur yang berada di kawasan Cikarang. Di kawasan ini tercatat sekitar 21 ribu para ekspatriat yang bekerja di sektor industri. Para ekspatriat itu kebanyakan dari negara Jepang dan Korea Selatan dan itupun belum termasuk ratusan ribu pegawai lokal yang setingkat manager dan supervisor. Dengan demikian harga untuk sebuah hunian di daerah Cikarang boleh dikatakan sangat tinggi.

Maikel Tanuwijaya, GM Sales Pollux Properties Indonesia, mengungkapkan bahwa para pengembang apartemen Chadstone Cikarang masih sangat kurang jika dilihat dari banyaknya permintaan yang terjadi disana. Oleh karena itu harga sewa di kawasan itu cenderung mahal seperti kita membeli properti di daerah Cikarang dengan harga Tangerang dan ketika kita hendak menyewakan harga yang berlaku adalah harga Sudirman.

Apartemen di kawasan Cikarang dengan tipe studio dibanderol seharga Rp 300 jutaan dan dapat di sewakan dengan harga Rp 60 juta pertahunnya. Dapat kita bandingkan jika untuk dikawasan bisnis Jakarta harga sewa pertahunnya sebesar Rp 250 juta namun harga sewa sebesar ini hanya berlaku untuk sebuah apartemen yang seharga Rp 4 – 5 miliaran dan harus memiliki sekurangnya 3 buah kamar sedangkan di daerah Cikarang dengan apartemen seharga Rp 2 miliar atau bahkan bisa kurang dari itu, harga sewanya bisa menyamai harga sewa apartemen seharga Rp 4-5 miliar di pusat Jakarta.

Dilihat dari faktor tersebut maka penjualan apartemen di wilayah Cikarang laku keras. Sebut saja seperti Apartemen Orange County, di kawasan Lippo Cikarang, satu tower telah laku hanya dalam hitungan satu dua bulan saja. Kemudian Chadstone Cikarang, adalah tower pertama sebanyak 760 unit yang langsung habis pada saat launching. Saat ini Chadstone sedang menyiapkan tower kedua yakni sebanyak 912 unit dengan tipe studio seluar 25 m2 dan 42 m2 dilengkapi dua buah kamar, masing-masing tipe dibanderol seharga Rp 333 juta dan Rp 555 juta.

 

Sumber : Housingestate

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi