366 Kamis, 26 Maret 2015 | 01:51:02

Cara Merubah Girik Menjadi Sertifikat

cara-merubah-girik-menjadi-sertifikatIlustrasi

Tanah girik merupakan tanah yang telah diakui secara adat, namun belum terdaftar di Badan Pertahanan Nasional (BPN), tanah dalam bentuk ini seringkali menimbulkan banyak masalah. Hal tersebut  terjadi kerap kali masuk kedalam lahan sengketa yang mana terdapat beberap pemilik.

Untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan, jika anda memiliki tanah dalam bentuk girik maka segeralah merubahnya menjadi bentuk sertifikat. Karena dengan begitu anda dapat lebih tenang atas kepemilikan tanah tersebut dan telah diakui oleh negara, bukan hanya oleh adat seperti sebelumnya.

Adapun langkah- langkah yang harus anda lakukan apabila anda ingin merubah tanah girik menjadi sertifikat adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendatangi kelurahan atau desa setempat untuk mengetahui riwayat dan kondisi tanah yang anda miliki tersebut.
  2. Setelah itu anda harus memastikan bahwa tanah tersebut bukanlah tanah sengketa, dan anda harus meminta surat keterangan bebas sengketa yang ditandatangani oleh pejabat setempat.
  3. Langkah selanjutnya anda harus membuat surat permohonan pembuatan sertifikat ke kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) terdekat, lalu lampirkan surat keterangan tidak sengketa yang telah diminta dan dibuat oleh desa atau kelurahan.
  4. Langkah keempat yang harus anda lakukan adalah mengingat dan mengetahui lokasi yang telah diukur oleh BPN, buatlah patok agar anda tidak keliru. Biasanya patok yang diberikan dari BPN tidak begitu terlihat, anda dapat menambahkannya agar dapat terlihat dengan jelas. Hal ini berfungsi agar anda mengetahu batas tanah yang anda miliki, jangan sampai lebih ataupun kurang.
  5. Berikutnya anda harus membayar Biaya Perolehan Atas Tanah dan Bangunan atau biasa disebut dengan BPHTB, tarif biaya tersebut sesuai dengan kondisi tanah yang aktual.
  6. Selanjutnya anda harus memastikan dengan teliti, bahwa apapun yang berkaitan dengan administrasi telah selesai dan sesuai dengan data yang anda berikan dan meminta pejabat setempat untuk segera menerbitkan sertifikat yang anda ajukan.
  7. Setelah sertifikat tersebut terbit, yang harus anda lakukan adalah mengecek isi dari sertifikat tersebut. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam penulisan khususnya nama, alamat, luas tanah dan bangunan  yang anda miliki. Jika terjadi kesalahan tersebut, maka anda harus segera meminta perbaikan dari pejabat BPN yang bertugas membuat sertifikat tersebut.

Demikianlah langkah- langkah yang dapat anda lakukan untuk mengubah tanah girik anda ke bentuk sertifikat. Dengan melakukan perubahan tersebut, kepemilikan tanah tersebut menjadi lebih sah karena telah diakui oleh negara.

 

Sumber : L&J A Law Firm

 

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi