205 Kamis, 26 Maret 2015 | 01:18:39

Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah

langkah-yang-harus-dilakukan-sebelum-membeli-rumahIlustrasi

Saat ini tujuan utama bagi yang ingin membeli rumah atau properti lainnya adalah berdasarkan dua hal, yaitu untuk dijadikan tempat usaha dan dijadikan sebagai tempat tinggal.

Dua maksud tersebut akan terkait terhadap pemilihan properti yang akan anda beli, yaitu apabila anda membelinya untuk dijadikan sebagai tempat berinvestasi maka anda akan mencari properti dengan harga yang murah dan apabila anda memiliki tujuan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal pasti anda akan memilih properti tersebut dengan lokasi yang nyaman dan aman bagi keluarga anda.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli properti, maka anda harus melakukan beberapa langkah sebagai faktor yang akan menjadi bahan pertimbangan anda sebelum membeli rumah atau properti yang anda tuju. Adapun langkah- langkah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Anda harus menyesuaikan harga properti yang akan anda beli dengan kondisi keuangan yang anda miliki saat ini. Jangan sampai hal tersebut memberatkan anda karena harga properti yang anda tuju tidak sesuai dengan buget anda. Untuk mengetahui informasi tentang harga properti yang akan anda beli, anda dapat mencari  informasi melalui majalah, internet, dan lebih baik lagi jika anda melibatkan agen properti untuk mendapatkannya. Kerena dari sana anda akan mendapatkan data yang akurat.
  2. Setelah anda mengetahui harganya, langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengetahui dan mendapatkan lokasi yang strategis. Hal tersebut sangat penting dilakukan sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah, karena lokasi yang strategis dapat memudahkan anda dengan banyak fasilitas pendukung disekitar properti yang akan anda beli. Jangan sampai lokasi yang anda pilih susah dijangkau dan tidak terdapat fasilitas umum yang penting seperti rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.
  3. Langkah ketiga yang harus anda lakukan adalah memperhatikan kualitas bangunan properti yang akan anda beli, hal ini agar memudahkan anda dalam merawat atau merenovasi tempat tersebut.
  4. Langkah berikutnya adalah anda harus memilih rumah yang prospek kedepannya dapat menguntungkan anda, cari tahu apakah lokasi tersebut masuk kedalam daftar pengembangan kota dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan. Hal tersebut akan membuat properti yang anda beli memiliki harga jual yang tinggi dikemudian hari.
  5. Selanjunya yang paling penting adalah kelengkapan dokumen properti yang akan anda beli, anda harus memastikan bahwa tanah dan bangunan tersebut memiliki sertifikat dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau tidak. Jika dokumen tersebut lengkap dan dapat dijamin keabsahannya, anda dapat melanjutkan untuk membeli properti tersebut.
  6. Pilihlah developer yang dapat anda percaya, hal tersebut dapat membantu dan menguntungkan anda. Karena apabila anda membeli properti dari developer, anda akan mendapatkan keuntungan diantaranya adalah anda dapat memiliki rumah dengan kondisi baru dan bagus serta administrasi dan kelengkapan dokumen telah disiapkan oleh pihak pengembang.

Demikianlah langkah- langkah yang dapat anda lakukan sebelum anda membeli properti, semoga bermanfaat bagi anda .

 

Sumber : L&J A Law Firm

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi