349 Rabu, 25 Maret 2015 | 03:47:28

Langkah- langkah Dalam Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang

langkah-langkah-dalam-mengurus-sertifikat-tanah-yang-hilangIlustrasi

Sertifikat tanah dalam properti diibaratkan sebagai jantung dari produk properti, disebut demikian karena sangat pentingnya sertifikat tanah bagi semua properti. Tanpa adanya sertifikat, maka akan berakibat fatal bagi pemiliknya.

Kepemilikan sertifikat merupakan bukti atas hak sepenuhnya bagi pemilik, jika sertifikat tersebut hilang atau rusak maka akan rentan sekali dan dapat berdampak pemilik kehilangan haknya jika ada yang memanfaatkan keadaan tersebut.

Berikut adalah langkah- langkah yang harus anda lakukan jika sertifikat anda hilang atau rusak :

  1. Datanglah ke kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) terdekat tempat tinggal anda, lalu buatlah permohonan sertifikat pengganti. Permohonan tersebut hanya dapat dilakukan oleh pemilik tanah yang mana tercantum dalam sertifikat
  2. Buatlah surat pernyataan dari pemilik tanah tersebut, jika memang bukan atas nama anda. Karena jika anda tidak membuat surat pernyataan dan tanda tangan dari orang yan tercantum dalam sertifikat tersebut, maka anda tidak dapat memperoleh atau boleh mengajukan permohonan tersebut.
  3. Jika orang yang tertera dalam sertifikat tersebut sudah meninggal, maka dapat digantikan oleh ahli warisnya dan dilengkapi dengan dokumen pendukung yang sah seperti Surat Kematian, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan keterangan ahli waris dari para ahli waris.
  4. Sebelum anda mendapatkan pengganti dari sertifikat yang rusak atau hilang, BPN akan memeriksa keabsahan data yang anda lampirkan terlebih dahulu dan membuat pengumuman atas kehilangan sertifikat yang anda alami. Jika semua itu sedah dilakukan, baru sertifikat pengganti akan terbit dan diserahkan kepada anda. Oleh karena itu, sebelum anda melapor, alangkah baiknya anda siapkan terlebih dahulu dokumen yang akan diminta oleh BPN. Sehingga setelah lengkap akan mempercepat proses penerbitan sertifikat tersebut.

Demikianlah langkah- langkah yang dapat anda lakukan apabila anda kehilangan sertifikat tanah anda, semoga bermanfaat bagi anda dan dapat anda lakukan suatu saat anda mengalami hal tersebut.

Untuk menghindari kehilangan sertifikat tanah anda, yang harus dilakukan adalah menyimpan dengan baik sertifikat tersebut. Selain itu, usahakan agar tempatnya aman dan tahan terhadap banjir dan kebakaran. Sehingga apabila suatu saat terjadi bencana, anda masih bisa menyelamatkannya.

 

Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi