219 Selasa, 17 Maret 2015 | 04:03:37

Strategi yang Perlu Dikuasi Saat Membeli Rumah Pertama

strategi-yang-perlu-dikuasi-saat-membeli-rumah-pertama

Memiliki tempat tinggal sendiri merupakan hal yang diimpikan setiap orang, bahkan banyak orang yang berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya.

Membeli rumah merupakan hal yang sangat penting bagi anda khususnya yang sudah berkeluarga, karena dengan menempati rumah milik anda akan lebih nyaman dan lebih hemat.

Lebih hemat karena jika anda mengontrak rumah, anda akan mempunyai pengeluaran tetap untuk membayar sewa sesuai dengan kesepakatan dari pemberi sewa. Dari pada anda menyewa rumah orang lain, lebih baik anda mengajukan KPR yang mana uang sewa yang biasa anda keluarkan dapat anda alokasikan untuk angsuran kredit pembiayaan rumah.

Meskipun biaya tersebut harus anda keluarkan rutin setiap bulannya, disaat anda telah melunasinya rumah tersebut sudah menjadi hak milik anda. Selagi anda belum melunasinya, anda tetap dapat menempati rumah tersebut.

Dalam membeli rumah, anda harus menguasai strategi agar dapat menemukan rumah yang tepat untuk anda, berikut adalah langkah- langkah yang dapat anda tempuh dalam membeli rumah :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan rumah yang sesuai dengan keuangan yang anda punya, karena jika anda memaksakan diri untuk membeli rumah yang tidak sesuai dengan dana yang anda miliki maka malah akan menjadi masalah bagi anda dikemudian hari. Jangan pernah bangga membeli rumah yang mahal, tetapi malah memberatkan anda dan keluarga.
  2. Jika anda ingin mengajukan KPR, maka anda harus memilih Bank yang tepat. Jangan sampai setelah anda menyetujui pengajuan KPR tersebut, anda menyesal karena anda tidak memahami betul peraturan pada Bank yang anda pilih.
  3. Selain itu, pilihlah developer yang terpercaya untuk mendapatkan properti yang anda inginkan. Karena tidak sedikit developer yang tidak bertanggung jawab pada konsumen yang membeli propertinya. Jika itu terjadi, bukan hanya properti anda yang bermasalah akan tetapi surat- surat yang harusnya selesai dan diserahkan kepada Bank untuk dijadikan jaminan pun akan bermasalah. Akibat dari hal tersebut Bank tidak akan mendanai proses KPR anda, dan akan menghambat pembelian rumah yang anda inginkan.
  4. Jika ini merupakan rumah pertama yang anda beli, ada baiknya anda menempati rumah tersebut. Dengan begitu rumah akan terawat dan tidak mudah rusak. Jangan pernah membiarkan rumah yang anda beli tersebut dikosongkan, karena akan membuat bangunan lapuk dan mudah rusak karena tidak ada perawatan. Anda boleh saja jadikan rumah tersebut sebagai investasi, akan tetapi setidaknya minimal 3 tahun rumah tersebut harus anda tempati.
  5. Rawatlah rumah anda dengan baik, karena jika itu anda lakukan harga rumah anda akan semakin tinggi. Hal tersebut terjadi karena rumah anda terawat, dengan begitu akan menjadi nilai plus bagi anada apabila rumah tersebut akan anda sewakan atau anda jual kembali.

Demikianlah strategi yang dapat anda lakukan dalam membeli rumah pertama anda, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi anda dan keluarga.

 

 

Sumber : Properti

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi