314 Senin, 16 Februari 2015 | 12:22:01

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengajukan KPR

kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-mengajukan-kprIlustrasi

Saat ini banyak orang yang megidolakan KPR, hal ini terjadi karena kebutuhan akan tempat tinggal semakin tinggi. Mereka berasumsi bahwa jika harus menyewa rumah yang nilai sewanya tidak jauh dari pengajuan KPR, maka mereka lebih baik mengajukan KPR. Cicilan KPR dilakukan setiap bulan, sama halnya dengan uang sewa yang harus dibayar perbulan. Akan tetapi jika mengambil KPR, rumah yang kita bayar setiap bulannya merupakan hak milik kita. Apabila menyewa, kita hanya bisa menempati tempat tersebut.

Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah juga tidak semudah membeli dengan cara tunai, karena KPR memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengajunya. Sayarat tersebut tergantung kepada bank yang mengcovernya.

Persyaratan yang biasanya diminta oleh bank adalah, copy KTP, copy Kartu Keluarga, copy akta nikah, asli slip gaji 3 bulan terakhir, asli surat pengangkatan sebagai karyawan tetap, tidah boleh masuk dalam black list Bank Indonesia, SIUP (untuk pengusaha), dan lain sebagainya.

Adapun hal- hal yang harus dihindari dalam mengajukan KPR adalah :

  • Masuk dalam black list Bank Indonesia, hal ini biasanya terjadi karena pengaju KPR pernah telat dalam pembayaran kartu kredit ataupun angsuran pada leasing tertentu.
  • Tidak memenuhi persyaratan dalam pengajuan KPR, jika hal tersebut terjadi maka akan menghambat proses dalam kelengkapan data dalam pengajuan.
  • Properti yang akan dijadikan untuk pengajuan KPR memiliki surat- surat yang tidak lengkap, jika hal itu terjadi maka pihak bank tidak akan menyetujui proses KPR tersebut.
  • Penghasilan yang dimiliki tidak cukup untuk mencicil pembiayaan tersebut.
  • Usia pada saat pengajuan KPR sudah tidak produktif, jika anda mengajukan dengan kondisi seperti itu, maka pihak bank akan menilai ulang usia anda. Seandainya disetujui maka angsuran yang akan anda cicil lebih besar, karena tenor yang akan anda dapatkan lebih sedikit.

Dengan menghindari semua hal diatas, besar kemungkinan proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah anda akan disetujui oleh pihak bank.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

 

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi