245 Jum'at, 13 Februari 2015 | 10:48:49

Penyebab Menipisnya Rumah Tipe Kecil di Jawa Tengah

penyebab-menipisnya-rumah-tipe-kecil-di-jawa-tengahIlustrasi

Peningkatan pada harga tanah yang terus melambung, membuat para developer perumahan yang memiliki konsep tipe kecil  beralih ke rumah tipe besar.

Perumahan tipe kecil dengan mangsa pasar masyarakat menengah kebawah saat ini mulai ditinggalkan, karena harga tanah saja sudah tinggi belum lagi bahan bangunan yang mahal membuat developer bingung untuk menentukan harga bagi para konsumen.

Para pengembang properti disana mulai beralih ke konsep perumahan tipe besar yang sasaran konsumennya adalah masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah keatas, karena developer bisa menyesuaikan harga untuk konsumen tersebut.

Kondisi tersebut bertanda bahwa harga dasar tanah semakin meningkat, sehingga menyebabkan rumah- rumah kecil tidak lagi dibangun dikota Semarang.

Menurut Juremi yang merupakan Kepala Divisi Promosi dari PT Graha Perdana, menerangkan bahwa besar harapan para pengembang properti disana agar penjualan perumahan dengan tipe besar semakin meningkat.

Beberapa waktu belakangan ini, konsumen perumahan memang sedang menurun. Meskipun demikian pihak developer optimis keadaannya akan berubah, mengingat sektor ekonomi di Jawa Tengah mulai meningkat lagi.

Dalam rangka meningkatkan minat konsumen, beberapa pengembang mengikuti pameran properti yang digelar di Mal Paragon. Ada sekitar 18 pengembang yang mengikuti acara tersebut, dengan target dapat menjual 70 rumah.

Selain mengadakan pameran, para pengembang juga memperbaiki kualitas bangunan dan pelayanan. Perbaikan tersebut sangat signifikan karena semula konsumen yang biasa ditangani pada kalangan menengah kebawah, sedangkan saat ini melayani kalangan menengah keatas. Yang mana dari segi minat pada kualitas dan disain bangunan, mempunyai selera yang lebih tinggi. Sehingga para pengembang harus bisa menciptakan rumah sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen, atau dengan membuat target konsumen seperti apa yang akan membeli rumah tersebut.

Membangun rumah dengan kualitas dan desain yang sesuai dengan kebutuhan konsumen akan membuat calon konsumen merasa puas dan akan meningkatkan penjualan rumah tersebut, sehingga dapat mencapai target penjualan sesuai dengan yang diinginkan.

Keterangan diatas merupakan contoh yang bersal dari Jawa Tengah, untuk pengembang di daerah lain dapat mengikuti alternatif yang dilakukan disana. Mengingat harga tanah di semua wilayah di Indonesia terus mengalami peningkatan, terutama yang berada dipusat kota.

 

Sumber :SindoNews

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi