212 Rabu, 11 Februari 2015 | 01:28:30

Panduan Mengenali Rumah Yang Pernah Terkena Banjir

panduan-mengenali-rumah-yang-pernah-terkena-banjirIlustrasi

Beberapa hari belakangan ini wilayah Jabodetabek diguyur hujan secara terus- menerus, sehingga menyebabkan banyak jalan dan perumahan tergenang oleh air alias banjir.

Keadaan tersebut mengharuskan kita untuk lebih selektif dalam memilih lokasi untuk rumah yang akan dibeli. Karena jarang sekali penjual yang akan jujur bahwa rumah yang akan dibeli pernah terkena benjir.

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan sebelum membeli rumah, apakah lokasi tersebut pernah terkena banjir atau tidak. Berikut langkah- langkah yang dapat dilakukan :

 

  • Pada saat survey lokasi, manfaatkan warga sekitar untuk menyakan apakah dilokasi tersebut rawan banjir atau tidak. Jangan pernah bertanya kepada agen atau pemilik rumah tersebut.
  • Perhatikan dan amati jalan perkampungan atau perumahan, apakah sudah pernah ditinggakan atau sesuai dengan permukaan awalnya. Karena apabila sudah pernah ditambah ketinggiannya, itu tandanya lokasi tersebut pernah mengalami banjir sehingga lokasi tersebut ditambah ketinggiannya.
  • Lihatlah gerbang rumah yang akan dibeli apakah gerbang tersebut pernah dimodifikasi, jika pernah dimodifikasi dari bentuk sebelumnya berarti area tersebut sering terkena banjir. Biasanya lantai pada rumah tersebut ditinggikan kurang lebih hingga 1 meter.
  • Setelah itu, perhatikan cat pada dinding rumah tersebut. Jika cat pada dinding rumah tersebut terdapat warna yang tidak merata pada bagian atas dan bawah dinding, maka rumah tersebut pernah mengalami kebanjiran sebatas warna cat yang memudar karena terendam air.
  • Banjir tidak selalu datang karena curah hujan terus meningkat, banjir juga bisa terjadi karena saluran air disekitar rumah terawat atau tidak. Karena jika saluran air itu tidak terawat, maka akan menyebabkan banjir pada lingkungan sekitar rumah.
  • Perhatikan berapa banyak rumah yang pernah ditempati dijual di area tersebut, karena semakin banyak rumah yang dijual maka bisa jadi daerah tersebut memang tidak layak untuk ditempati terutama karena langganan tergenang air.
  • Cermati tingkat kekumuhan pada lokasi sekitar rumah yang akan dibeli, apakah lokasi tersebut terawat atau tidak.
  • Bertanya dengan cara mencari di internet (jika lokasi rumah yang akan dibeli diiklankan di internet), maka akan lebih mudah diakses untuk mengetahui semua informasi tentang rumah tersebut.

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi