197 Sabtu, 27 September 2014 | 04:00:17

Simak Tips Berikut Sebelum Anda Menjual Tanah

simak-tips-berikut-sebelum-anda-menjual-tanahindonetwork

Tanah merupakan properti yang menguntungkan sebab harganya selalu meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya itu, dalam perawatannya pun anda tidak memerlukan biaya yang banyak serta anda tidak perlu asuransi jika anda berinvestasi tanah. Sebab tanah merupakan investasi yang aman.

Nah, apabila saat ini anda memiliki tanah yang berlebih, entah berasal dari peninggalan orang tua atau milik anda pribadi yang memang hendak anda jual, sebelumnya ada beberapa hal yang patut anda cermati.

Telah diketahui menjual tanah bukanlah urusan yang mudah, tidak seperti menjual gorengan yang dijajakan di pinggir jalan. Untuk itu anda perlu memperhatikan hal-hal berikut agar anda terhindar dari kesalahan.

1.    Pelajari Harga Tanah.
Telebih dahulu anda harus melakukan riset harga tanah yang ada dipasaran. Dalam hal ini jika anda salah-salah atau kurang perkiraan, bisa saja tanah yang anda jual terlalu mahal atau sebaliknya, malah tidak mendatangkan keuntungan. Dengan penelitian, anda dapat mengetahui nilai tanah, dan nantinya anda dapat menentukan harga yang sesuai ketika menjual.

2.    Periksa kondisi Tanah.
Memeriksa kondisi tanah merupakan hal yang sangat utama sebab tanah inilah yang akan menjadi “uang”anda, tentu harus disajikan dalam kondisi yang bagus. Lakukan pemeriksaan tehadap tanah yang hendak anda jual dan bersikap jujur atas kondisi tanah. Coba anda perhatikan juga lokasi tempat tanah itu berada, keunggulan apa saja yang dimiliki, misalkan tanah cocok untuk bangunan ruko sebab berlokasi di jalan yang ramai, atau cocok dibangun rumah tinggal sebab daerahnya asri dan nyaman, atau yang lainnya.

3.    Kelengkapan Surat.
Periksa surat-surat yang berkaitan dengan tanah mulai dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), meskipun tidak wajib tapi ada baiknya dipersiapkan. Sertifikat Asli seerti SHM, SHGB, SHGU, dan SHMSRS. Surat bukti setor PBB selama 5 tahun alngkah baiknya juga dipersiapkan.

4.    Agen Properti.
Langkah selanjutnya dalam menjual tanah anda dapat menggunakan agen properti, sebab tidak mudah dalam menjual tanah seorang diri, sebagai solusinya anda bisa menggunakan orang-orang ini untuk proses menjual tanah. Namun sebelumnya cermatlah dalam memilih agen properti, cari tahu terlebih dahulu kredibilitas agen properti yang hendak anda tunjuk sebagai agen anda.

Sumber : finance detik

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi